Hati-hati, Asap Rokok Bisa Picu Penyakit Katarak !

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari – Pada umumnya penyakit katarak dipicu oleh usia lanjut. Menurut dokter mata, Iwan Sovani, yang dilansir liputan 6, katarak tidak bisa dicegah tapi dapat diperlambat kemunculannya. Guna memperlambat kemunculan katarak di mata, gejala penyakit harus diwaspadai.

Gejalanya berupa penglihatan kabur, seperti melihat asap, mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan, dan sulit melihat saat cahaya remang-remang atau sangat terang.

Gejala yang paling berat dari penyakit katarak adalah penglihatan berangsur-angsur menurun dan pada sayat saat hanya dapat membedakan terang dan gelap.

Selain itu, pernah menjalani operasi mata, terdapat riwayat penyakit serupa di keluarga, pola makan yang tidak sehat dan kurang vitamin, serta mengonsumsi minuman keras dalam jumlah banyak secara rutin dapat menjadi faktor yang mempertinggi risiko penyakit katarak.
Sama halnya juga dengan merokok.

Kandungan asap rokok picu penyakit mata katarak,

“Diperkirakan asap rokok akan menyebabkan gangguan permukaan mata (kornea), juga metabolisme tubuh lainnya secara umum. Tentunya berdampak juga pada kerusakan organ-organ mata, termasuk lensa yang bisa memicu peningkatan timbulnya katarak seperti halnya faktor penyebab diare,” kata Iwan Sovani.

Iwan menjelaskan asap rokok yang diisap oleh perokok aktif maupun pasif dapat menyebabkan katarak karena faktor radikal bebas (oksidan). Untuk mengurangi risiko terjangkit penyakit katarak, disarankan agar mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Iwan menyebutkan makanan dengan kandungan antioksidan ini harus dikonsumsi secara rutin yang terkandung dalam buah apel, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, serta stroberi.

“Dalam sayuran pun ada oksidannya, seperti brokoli, asparagus, tomat, kubis merah, ubi merah. Kalau di kacang-kacangan terdapat di pecan, kenari, dan almond,” ujar Iwan.