Atasi Banjir Camat Manggala Sigap Kordinasi Lintas Sektoral

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Hujan yang mengguyur Manggala sepanjang pekan ini mengakibatkan tiga lokasi terendam air di Swadaya Mas, Toa Daeng III, dan Bonto Bira.

Camat Manggala Anshar sejak pagi tadi bersama lurah dan ketua RW berada di tiga lokasi itu memantau kondisi warga yang rumahnya terendam air, Rabu, 20 Desember 2017.

Bukan hanya memantau lokasi rendaman air, Camat Anshar juga telah berkordinasi lintas sektoral dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk menanggulangi rendaman air di tiga lokasi itu.

“Memang ke tiga lokasi itu terbilang rawan terendam air karena merupakan daerah resapan air atau daerah persawahan,” kata Camat Anshar.

Kordinasi dengan Dinas Sosial dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu – waktu dibutuhkan dapur umum di tiga lokasi itu. Sementara BPBD dibutuhkan jika ada warga yang membutuhkan evakuasi dari rumah ke lokasi yang lebih aman.

“Seluruh kordinasi yang dilakukan untuk meminta bantuan dari dinas terkait sesuai tupoksi masing – masing,” jelas Camat Anshar.

Sejauh ini, lanjut Camat Anshar, kordinasi yang dilakukan berjalan baik. Seluruh instansi terkait menyatakan kesiapannya jika sewaktu – waktu dibutuhkan bantuannya.

Diketahui, air merendam ke tiga lokasi itu akibat luapan air dari kanal dan waduk. Diakuinya, intensitas hujan yang cukup tinggi ditambah air pasang menjadi penyebab terjadinya luapan air.