Kapolda Sulsel Lantik 11 Kapolres Baru

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pol Umar Septono, memimpin acara Sertijab 11 Kapolres jajaran Polda Sulsel yang dilaksanakan di Aula Paramartha SPN Batua, Senin (04/12/17) siang.

Pelaksanaan Sertijab dihadiri Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Drs. Mas Guntur Laupe, Irwsada Polda Sulsel Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo, serta para pejabat utama Polda Sulsel.

Para Kapolres jajara Polda Sulsel, yang bergeser yaitu Kapolres Pelabuhan, AKBP Said Anna Fauza, menjadi Wakapusdik Intel Lemdiklat Polri, dan Kapolres Gowa AKBP Aris Bachtiar, digeser sebagai Kapolres Pelabuhan Makassar, selanjutnya AKBP Shinto Bina Gunawan Silitonga, yang sebelumnya menjadi Penyidik Madya Ditresnarkoba Polda Jatim, di tempatkan sebagai Kapolres Gowa, Sementara Kapolres Pangkep AKBP Eddy Kurniawan diangkat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Sulbar, dan Pamen Bareskrim Polri AKBP Bambang Wijanarko, masuk sebagai Kapolres Pangkep.

Selain itu, Kapolres Maros AKBP Erick Ferdinand juga berpindah dipromosikan sebagai Wadir Pam Obvit Polda Metro Jaya, selanjutnya Kapolres Tator, AKBP Yohannes Richard Andrianus, dimutasi sebagai Kapolres Maros. dan Pamen Bareskrim Polri AKBP Julianto Sirait, masuk sebagai Kapolres Tator.

Begitu pula Kapolres Wajo, AKBP Noviana Tursila, pindah menjadi Kapolres Majalengka Polda Jabar, dan digantikan oleh AKBP Asep Marsel Suherman, Kasubdit III Direskrimum Polda Sulsel, dan Kapolres Sidrap, AKBP Witarsa Aji, juga mendapatkan promosi sebagai Wadir Resnarkoba Polda Gorontalo, selanjutnya AKBP Ade Indrawan, dari Div Propam Polri menggantikan posisi AKBP Witarsa Aji.

Pergeseran juga dialami Kapolres Luwu, AKBP Achmad Yanuari Insani, yang bergeser ke Mapolda Sulsel sebagai Wadir Pam Obvit, dan Kasubdit Regident Dit lantas Polda Sulsel AKBP Dwi Santoso berpromosi sebagai Kapolres Luwu.

Demikian halnya Kapolres Luwu Utara, AKBP Dhafi yang masuk sebagai Kabag Dalgar Rorena Polda Sulsel, sementara digantikan Kabag Bingkar Polda Sultra, AKBP Boyke Fredrik Salmon Samola.

Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojahan Simanjuntak, juga dimutasi sebagai Wadirreskrimsus Polda Sulsel, dan digantikan oleh Kasubdit III Direskrimsus Polda Sulsel, AKBP Leonardo Panji Wahyudi, dan Kapolres Soppeng, AKBP Indra Lutrianto Amstono, bergeser sebagai Kapolres Pandeglang Banten, dan diganti oleh Kabag Dalpres Polda Gorontalo, AKBP Dedi Dewantho.

Dalam amanatnya usai mengambil sumpah pejabat baru, Kapolda menekankan beberapa hal diantaranya, agar menyadari bahwa sebagai Polisi merupakan jalan hidup dan pilihan pengabdian pada masyarakat.

“Kepada pejabat lama saya ucapkan Semoga sukses meniti karier di tempat lain, dan pada Kapolres yang baru agar pertahankan yan baik, evaluasi hal yang dapat meningkatkan kinerja, saya ucapkan selamat datang, silahkan implementadikan ilmu,”ungkap Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda Sulsel juga menekankan agar Transisi kepemimpinan harus harmonis dan tidak ada fiksi justeru saling menguatkan bukan menjatuhkan, karena organisasi Polri berada dalam satu atap, dan menghilangkanperasaan lebih hebat dari yang lain.

“Kepada Kapolres dan ibu Bhayangkari saya tekankan bahwa Paradigmanya saat ini, kita bukan ibu pejabat yang harus di layani, justeru kita yang melayani masyarakat, jangan sering rapat, tapi sering di lapangan, sedikit bicara banyak berbuat, mari kita buktikan kita tidak salah diberikan Amanah.” tegas Irjen Pol Umar Septono. (mfa)