PLT Sekda Makassar Buka Acara MTQ Ana Lorong lll di Almarkas

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ana Lorong lll dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (PLT), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, H. Baso Amiruddin, di Mesjid Al Marqaz Al Islami, Jend M. Yusuf, Jumat (8/11/2017).

MTQ Ana Lorong lll yang di gelar akan berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 8-10 Desember 2017 dan merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Makassar, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama ( PCNU) dan Kantor Kementrian Agama Kota Makassar.

Selain MTQ juga diadakan Kompetisi Seni Budaya Islam yang memperlombakan berbagai kegiatan diantaranya; Festival Barasanji Lorong, Qasidah Rabana Lorong dan Marawis Lorong.

Tema Mushabaqah Tilawatil Quran Ana Lorong lll adalah
Meneladani Rasulullah Dengan Ahlak AlQuran untuk Makassar menuju kota dunia yang nyaman untuk semua.

Dalam sambutannnya Walikota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto yang di wakili Plt sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar H. Baso Amiruddin,
menjelaskan bahwa untuk menangkal merosotnya
keimanan umat diakibatkan perkembangan globalisasi yang kian maju. Perlu adanya kegiatan kerohanian yang sifatnya berkesinambungan.

“Kemajuan tekonologi, jika tidak disikapi dari sekarang, akan mengeliminir generasi kita dari akhlakul karimah. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, perlu kita amalkan agar generasi muda kita tidak keluar dari pengaruh globalisasi yang kian modern, untuk itu perlunya ada penangkal seperti kegiatan ini,” Jelas Baso Amiruddin.

Sekda berharap agar Kepada para QoriQoriah, Hafidz-Hafidzah yang nantinya meraih juara dalam MTQ ini, agar terus berlatih, semakin menekuni dan mendalami Al-Qur’an.

“Para juara nantinya adalah juara sejati, dalam artian tidak hanya juara dalam membaca dan menghafal Al-QurIan, akan tetapi juga juara dalam memahami dan mengamalkan ajaranNYA,” terang H. Baso Amiruddin

Kepala kantor Kementrian Agama Kota Makassar Muhammad Nur khalik. S.Sos, mengatakan untuk MTQ tahun ini, jumlah pesertanya meningkat jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini peserta yang mengikuti MTQ dan Festival Sebu jauh lebih banyak yakni
berjumlah 489 orang peserta dan MTQ ini adalah yang terbesar ajumlah pesertanya sepanjang sejarah,” ungkapnya.

Acara pembukaan MTQ Lorong dirangkaikan dengan pengukuhan dewan Juri dengan menyematkan jubah dewan juri oleh H. Baso Amiruddin.

Hadir pada pembukaan MTQ Ana Lorong lll prof Basri Hasanuddin, Imam Masjid Al markaz Al islami, Koordinator Badan Pengelola Harian Masjid Al Marqaz Prof Basri Hasanuddin.