Ini Dampak Wanita Jika Minum Kopi Saat Haid

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari – Bagi wanita pecinta kopi, menstruasi tidak menjadi alasan untuk menghentikan ritual ngopinya. Terlebih, banyak yang bilang juga bahwa minum kopi saat haid bisa membantu meredakan berbagai gejala PMS yang menyebalkan.

Namun, kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir kopi hitam seduh (kopi tubruk) ada sekitar 95-200 mg kafein. Meski bisa memberikan lonjakan energi untuk Anda beraktivitas, kafein bisa memengaruhi kondisi tubuh Anda saat menstruasi. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap kopi.

Seperti yang dilansir hellosehat.com, kopi membuat nyeri haid makin parah. Dimana kafein bekerja menyempitkan pembuluh yang menyebabkan aliran darah di sekujur tubuh jadi tidak lancar.

Kurangnya aliran darah ke otot rahim perut akan memotong suplai oksigen yang bisa menyebabkan rasa sakit dan kram perut semakin parah. Selain itu, asupan darah beroksigen yang menuju otak juga ikut berkurang. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala yang lebih parah.

Kopi membuat perut terasa lebih kembung dan tak nyaman, Kopi yang bersifat asam akan membuat perut kembung dan berisiko meningkatkan asam lambung. Ketika asam lambung naik, maka berbagai gangguan pencernaan akan muncul, dari sensasi panas di ulu hati, perut terasa penuh, hingga merasa mual.

Hal ini semakin parah jika Anda minum kopi sebelum perut terisi. Tentu, kondisi ini akan membuat Anda semakin tidak nyaman saat si tamu bulanan datang.

Meminum kopi saat menstruasi membuat mood kurang baik dan cenderung merasa cemas. Tak hanya itu, minum kopi saat haid akan memengaruhi mood dan bisa bikin Anda lebih cemas.

Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam penelitian yang dimuat pada Journal of Women’s Health yang mengungkapkan bahwa wanita yang sering minum kopi saat menstruasi cenderung punya mood yang buruk dan lebih gampang cemas.

Meminum kopi membuat Anda insomnia dan kurang istirahat, dimana isitarahat cukup adalah kunci penting meredakan gejala PMS dan nyeri haid. Sayangnya, jika Anda tetap minum kopi saat haid, efek stimulan kopi yang bikin Anda lebih waspada dan “melek” bisa membuat Anda sulit tidur nyenyak alias insomnia. Pada gilirannya, insomnia bisa memperburuk keluhan Anda.