7 Tanda Kamu Terkena Penyakit TBC

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Tuberkulosis (TB/TBC) merupakan salah satu penyakit infeksi yang masih menjadi masalah di Indonesia. Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan ada lebih dari 1 juta kasus TB baru setiap tahunnya.

Ketua Kelompok Kerja TB, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Erlina Burhan, SpP(K), mengatakan TB merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Mudah menular, pasien TB bisa sembuh total dalam waktu 6 bulan jika melakukan pengobatan rutin.

“Tapi bila pengobatan tidak tuntas, tidak teratur, dosis tidak tepat, maka kuman akan bermutasi menjadi kuman yang resisten atau kebal, yang pengobatannya makin lama dan makin berat,” ungkap dr Erlina.

Karena itu, pencegahan dini merupakan faktor penting dalam penanganan TB di Indonesia. dr Erlina menyebut TB memiliki beberapa gejala khas yang bisa terlihat oleh kerabat dan anggota keluarga, di antaranya:

1. Batuk berdahak lebih dari 2 minggu

2. Batuk darah

3. Sesak napas dan nyeri dada

4. Nafsu makan berkurang

5. Berat badan turun drastis

6. Keringat di malam hari

7. Demam tidak terlalu tinggi.

Ketika gejala sudah dikenali dan pengobatan sudah dilakukan, penting bagi keluarga untuk mengawasi pasien. Pentingnya pengobatan pasien TB bukan hanya agar pasien sembuh, namun juga untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ke orang lain.

“Misalnya pasien TB MDR bersin dan batuk, itu risikonya besar banget untuk menular ke orang lainnya,” tutupnya.

(sulselmengabari/detik.com).