Kuatkan Kesehatan Nasional, Dinkes Makassar Gelar Workshop Obat dan Kesehatan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, MakassarDinas Kesehatan Kota Makassar mengelar Pertemuan mini workshop penguatan managemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota di Makassar di Hotel Swiss bell In Makassar, Rabu, (16/5/2018).Kegiatan ini sebagai penguatan di level Kabupaten/Kota agar berdampak baik pada Sistem Kesehatan Nasional.

“Turut mempengaruhi kualitas program manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan di tingkat f nasional. Oleh karena itu, diperlukan upaya Manajemen tata kelola obat harus mampu meningkatkan ketersediaan, kualitas dan keterjangkauan obat,” kata Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, dalam riliesnya.

Naisyah menjelaskan melalui perencanaan dan penilaian ketersediaan, pengendalian harga dan pengaturan pengadaan, serta pemantauan. Oleh karenanya, dalam rangka penguatan sistem kesehatan nasional perlu dilakukan penataan manajemen tata kelola obat.

“Disamping itu, kapasitas SDM Pengelola Obat dan Perbekalan
Kesehatan di Instalasi Farmasi Pemerintah dan peningkatan kapasitasnya dalam manajemen tata kelola obat dan perbekalan kesehatan,” jelasnya.

Pertemuan Mini Workshop Penguatan Manajemen Tata Kelola Obat ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pencapaian, pengalaman, tantangan.

“Stakeholder menghasilkan rekomendasi dan tindak lanjut kegiatan untuk keberlangsungan program di tingkat Kabupaten/Kota serta Memperoleh dukungan/komitmen dari lintas program, Iintas sektor di tingkat kabupaten/kota dan puskesmas terpilih dalam mereplikasikan modul SCM,” tutupnya.