Bahaya Virus Polio

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Polio (disebut juga poliomyelitis) adalah penyakit menular yang disebabkan virus polio. Virus ini menyerang sistem saraf pusat, menyebabkan nyeri atau merusak saraf motorik, sehingga menyebabkan kelumpuhan otot (ketidakmampuan untuk menggerakan tungkai atau bagian tubuh lain).

Penyakit polio disebabkan oleh polio virus yang umumnya masuk melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus tersebut. Sama halnya seperti cacar, polio hanya menjangkiti manusia. Dalam tubuh manusia, virus polio menjangkiti tenggorokan dan usus. Selain melalui kotoran, virus polio juga bisa menyebar melalui tetesan cairan yang keluar saat penderitanya batuk atau bersin. Dalam beberapa kondisi, infeksi virus ini dapat menyebar ke aliran darah.

Imunisasi atau pemberian vaksin polio dapat meminimalisasi terjangkit virus polio. Anak-anak, wanita hamil dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, sangat rentan terkena virus polio jika di daerah mereka tidak mengikuti program imunisasi atau tidak memiliki sistem sanitasi yang bersih dan baik.

Kita hampir menyaksikan berakhirnya penyakit polio, tetapi sulit untuk membasminya di seluruh dunia, karena polio dapat menyebar kembali ke seluruh dunia.
Selanjutnya, Puspita Sariwati melalui VOA Indonesi melaporkan tantangan yang dihadapi dalam upaya pemberantasan polio.

Para medis kesehatan telah mengamati wilayah konflik pakistan, Afganistan, dan Nigeria dan memberikan upaya pencegahan polio dengan memberikan vaksin kepada balita maupun ibu hamil/menyusui. Namun, akses memasuki wilayah tersebut sangat sulit, bukan hanya itu karena adanya konflik berkepanjangan sulit untuk memberikan vaksin secara menyeluruh akibat kondisi konflik ekonomi, politik yang menyebabkan mereka terus berpindah pindah.

Meskipun upaya pencegahan virus polio ini ditutup ditempat tempat terakhir dimana virus polio merebak, namun salah seorang medis USA mengatakan betapa bahayanya jika salah seorang tidak diberikan vaksin atau imunisasi akibatnya akan fatal dan menjangkiti orang banyak.

Penulis : suci nurjaya (mahasiswa farmasi Unhas)