Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sambangi SDN. Mangkura IV

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar – Sekolah SDN Mangkura IV (Mangkupat) dikunjungi Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN Sulsel) Rabu,(1/8/2018).

Tim yang diutus dari Kementrian Pendidikan ini ditugaskan untuk mengevaluasi akreditasi sekolah.

Menurut salah satu tim Asesor yang dijumpai, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai proses pencocokan data yang telah dikirim pihak sekolah ke Kementrian tentang evaluasi 5 tahunan atas akreditasi sekolah.

“Jadi ini sifatnya Kegiatan visitasi untuk akreditasi (evaluasi diri sendiri),” Ujar Muh. Yusuf Aseggaf saat ditemui falam kunjungan tersebut.

Dijelaskan bahwa pemeriksaan ini dimulai dari penginputan data yang telah dikirim oleh operator sekolah hingga berkas-berkas lainnya.

“Sedikitnya ada 119 item dari 8 standar nasional yang harus memenuhi syarat.” Kata Muh. Yusuf.

Adapun 8 standar nasional yang harus terpenuhi adalah Isi dokumen sekolah, proses pengelolaan kelas atau managemen, pembiayaan sekolah, proses mengajar, sarana dan prasarana sekolah dan tingkat kelulusan siswa.

Sebagaimana diketahui SDN.Mangkura IV ini mengirimkan data input dan mendapat total penilaian 92. Nilai inilah yang diperiksa untuk dicocokkan kebenarannya.

“Kami sebagai tim dikirim untuk memeriksa. Untuk melihat kenyataannya. Benar tidak data yang dikirim itu.” Pungkas Yusuf Aseggaf.

Sekedar diketahui bahwa stsndar penilaian sekolah akreditasi adalah sebagai berikut:
Nilai 91-100 Akreditasi A
Nilai 81-90 Akreditasi B dan
Nilai 71-80 Akreditasi C

Menanggapi hal tersebut, Kepala sekolah SDN. Mangkura IV, Basri Kamaruddin mengaku bahwa kegiatan ini adalah merupakan ajang Intropeksi diri.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami guru-guru dan Kepala Sekolah, lebih mempersiapkan diri lagi paling tidak mawas diri agar bisa lebih baik kedepannya.” Ujar Basri Kamaruddin S.Pd.

“Tidak mudah untuk mempertahankan prestasi ysng sudah kita raih.”pungkasnya.