PLUT Sulsel Latih UMKM Pelayanan Prima

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar Sebanyak 25 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) “pelayanan prima” bertempat di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel, jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (05/9/2018).

Kegiatan ini difasilitasi oleh kepala UPT PLUT Sulsel, Andi Diah dan koord.Konsultan PLUT, Bahrul ulum.

Selama sehari penuh, peserta dengan pendekatan partisipatif belajar bersama tentang costumer’s insight, 3 in 1 service Excellent dan service excellent in action. Metode pelatihan melalui paparan, diskusi interaktif, kerja kelompok dan bermain peran.

Kepala UPT PLUT, Andi Diah mengatakan, pelayanan Prima atau memberikan pelayanan yang terbaik harus juga dilakukan UMKM sebagai faktor kunci dalam keberhasilan bisnis yang dijalankan.

” jika bisnis UMKM ingin tumbuh dan berkembang ditengah persaingan yang ketat,maka UMKM perlu mempertahankan loyalitas konsumennya dengan penerapan pelayanan prima,” tandasnya.

Adapun Bahrul dalam paparannya mengatakan, pelanggan adalah orang yang paling penting dalam suatu bisnis, dan usaha kita ada karena pelanggan ada. Pelayanan prima berarti memberikan kepada pelanggan apa yang lebih dari pada yang mereka harapkan pada saat mereka membutuhkan, dengan cara yang mereka inginkan.

“Kami mengajak para UMKM mampu melahirkan kepuasan pelanggan secara total dengan membuat produk dan melayani pelanggan lebih baik (better), lebih cepat (faster), lebih baru (newer), lebih murah (cheaper), ebih sederhana (more simple) dst,” ujarnya.

Salah seorang peserta, Andi Surianti mengatakan, sangat senang bisa mengikuti pelatihan.

“Pelatihannya santai, penuh keakraban dan partisipatif. Saya senang karena selain dapat ilmu baru, juga bisa berbagi pengalaman bagaimana cara menghadapi komplain pelanggan.” Ujarnya.