Syamsul Bahri Bicara Pembangunan Kependudukan dan KB di Islamic Centre Parepare

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Parepare – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI menggelar Sosialisasi Pembangunan Keluarga di Kota Parepare, Sabtu 29/9. Acara itu menghadirkan anggota DPR-RI H Syamsul Bachri M.Sc.

Acara tersebut diikuti ribuan warga, di Gedung Islamic Centre Kota Parepare. Acara itu adalah bagian dari program Komunikasi, Informasi dan Edukasi yang digalakkan BKKBN bersama Komisi IX DPR-RI. Acara serupa digelar serentak dibeberapa kota se-Indonesia.

Dalam pemaparannya, Syamsul menjelaskan pentingnya menyeimbangkan antara pertumbuhan jumlah penduduk, dengan kemampuan negara dalam melayani kebutuhan penduduk. Kemampuan negara yang dimaksud adalah menyediakan fasilitas kesehatan, pangan, pendidikan, serta pelayanan dasar lainnya.

“Jika pertumbuhan penduduk lebih besar daripada kemampuan negara melayani penduduk, maka yang terjadi adalah kemunduran dan kemiskinan. Karena itu sangat penting bagi masyarakat agar terlibat langsung dalam program pembangunan kependudukan, seperti mengikuti program KB, agar tidak terjadi ledakan jumlah penduduk,” urai Syamsul.

Lebih lanjut ia memaparkan, program KB tidak hanya dikhususkan kepada masyarakat bawah, tetapi untuk seluruh lapisan masyarakat. Keberhasilan program KB akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, kegagalan KB akan berakibat pada ledakan jumlah penduduk dan menimbulkan masalah sosial seperti kemiskinan.

Selain Syamsul, acara itu juga diisi oleh perwakilan BKKBN Amirullah. Hadir pelbagai kalangan masyarakat, pengurus KNPI, aktivis pemuda, kader KB, dan para pelajar.

Sekadar diketahui, Syamsul Bahri sendiri kembali maju pada Pileg 2019 mendatang. Ia menjadi Caleg DPR RI dari Partai Golkar nomor urut 4 di Dapil Sulsel II (Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Soppeng, Kota Parepare, Barru, Kepulauan Pangkep dan Maros). (*)