Sulselmengabari, Makassar – Sulselmengabari menggelar pelatihan jurnalis kepada sejumlah wartawan muda di kantornya, jalan Abdullah Daeng Sirua, Makassar, Senin, (22/10/2018) sore.

Pada kegiatan ini, ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Selatan, Zulkifli Tahir, hadir membawakan materi.

Dalam materinya ia menekankan kepada wartawan muda Sulselmengabari, untuk selalu memperhatikan etika jurnalis saat melakukan peliputan di lapangan.

“Menjadi jurnalis itu ada aturannya, ada etikanya, itu yang perlu kita perhatikan, jangan sampai ada perbuatan kita yang melanggar kode etik jurnalis itu,” ungkap bang Cule, sapaan akrabnya.

Orang nomor satu IWO Sulsel ini menambahkan, jika seorang jurnalis bisa disebut Iblis, bisa pula disebut malaikat, tergantung dari sifat dan etikanya.

“Jika dia buat berita yang bohong, lantas membongi publik itulah disebut wartawan iblis, karena bersifat iblis. Bukankah itu disebut iblis. Tapi, jika dia menulis berita yang mengajak pada kebaikan, itu bisa dinamakan wartawan bersifat malaikat,” tambahnya.

Rencananya, kegiatan pelatihan jurnalis Sulselmengabari, akan rutin dilakukan untuk memberikan kualitas kepada jurnalis Sulselmengabari.com.

“Kita akan lakukan terus pelatihan-pelatihan kepada jurnalis muda, untuk meningkatkan kualitas kita. Banyak media saat ini memproduksi berita hoax, karena SDM reporternya kurang baik. Makanya kami komitmen akan menjaga Sulselmengabari.com, sebagai media online yang terpercaya, Tegas Akbar, Direktur Sulsel Mengabari.

Reporter: Fatwa

Tinggalkan Balasan