Pengen Jadi PNS? Baca Ini Dulu

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Di tahun milenial ini, trend Pegawai Negri Sipil (PNS) nampak meroket. tidak sedikit orang yang lulus sarjana langsung ingin mendaftarakan diri menjadi calon pegawai negri sipil (CPNS).

lalu, apakah yang membuat seseorang sangat ingin menjadi seorang PNS? berikut ulasannya:

1. Gaji tetap dan cenderung naik

Setiap PNS menerima gaji tetap setiap bulannya dan nilainya cenderung selalu naik mengikuti inflasi dibanding gaji profesi lain. Selain gaji, para PNS juga mendapatkan bermacam tunjangan yang diatur dalam peraturan pemerintah, termasuk di antaranya gaji 13, tunjangan hari raya (THR), dan kendaraan antar jemput.

2. Aman dari PHK

Dari semua profesi, PNS termasuk bebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). Betul, profesi ini memang paling aman dari krisis ekonomi dan politik karena separah apa pun krisis, negara tetap membutuhkan PNS yang bekerja untuk mendukung aktivitasnya.

Kalaupun sebuah kementerian atau lembaga non negara yang dibentuk pemerintah dilebur atau dibubarkan, PNS yang bekerja di lembaga tersebut akan dipindahkan ke kementerian atau lembaga lain yang masih ada.

3. Mendapatkan pensiun

Pemerintah sangat memperhatikan kesejahteraan hidup PNS dan keluarganya. Tidak heran ketika para PNS pensiun, mereka tetap mendapatkan gaji bulanan yang jumlahnya diatur undang-undang. Bahkan kalau pensiunan PNS laki-laki meninggal dunia, istrinya tetap akan terjamin karena tetap mendapatkan dana pensiun dari suaminya. Aman, kan?

4. Kemudahan pinjaman di bank

Bila seorang PNS memerlukan uang cash yang cukup banyak baik untuk membangun rumah, menyekolahkan anak, dan lain-lain, mereka bisa menjaminkan surat keterangan pengangkatan yang disebut SK PNS ke bank. Nanti dana pinjaman itu akan dipotong dari gaji mereka setiap bulannya.

5. Kemudahan sekolah lagi

Ketika Anda diterima menjadi PNS, kesempatan untuk menuntut ilmu akan terbentang lebih luas lagi. Banyak beasiswa baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang memberikan kesempatan khusus untuk PNS. Tetapi sebelum menuntut ilmu, yang bersangkutan harus sudah bekerja di posisinya selama dua tahun dan mendapatkan izin pimpinan.

Selain pendidikan formal, PNS juga bisa belajar lewat seminar, diklat, dan acara pelatihan lainnya. Bukan hanya ilmu yang didapat, karena kantor juga akan memberikan fasilitas lain seperti uang transportasi.

6. Punya kemungkinan pindah instansi/lokasi

Berbeda dengan bekerja di sektor swasta, Anda akan lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus resign atau mengundurkan diri. Hal ini juga berlaku bila punya rencana pindah lokasi. Memang proses pindah instansi membutuhkan waktu dan pengurusan dokumen yang cukup rumit, tetapi hal ini sangat umum terjadi.

7. Waktu luang untuk bisnis terbuka

Jam kerja PNS untuk lima hari kerja (di pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah) adalah jam 08.00-16.00. Di luar waktu tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang bermanfaat atau membuat usaha sampingan dan rumahan.

Jadi bagaimana? anda tertarik menjadi PNS, atau tidak sama sekali? tentu itu semua tergantung pribadi masing yang menentukan. (*/fatwa)