Tahun 2018, Peristiwa Kebakaran di Makassar Meningkat

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar) jumlah peristiwa kebakaran dari awal tahun 2018 hingga November 2018, capai 190 kasus.

“Untuk tahun ini, hingga November 2018, kasus kebakaran itu ada 190 laporan,” ungkap Kabid OPS Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Hasanuddin, saat ditemui di kantornya, Senin (12/11/2018).

Angka ini terbilang cukup tinggi, melihat angka peristiwa kebakaran tahun lalu sejumlah 165 kasus.

“Meningkat dibanding tahun lalu, tahun lalu ada 165 peristiwa kebakaran, tahun ini, hingga hari ini, ada 190,” singkatnya.

Namun menurut Hasanuddin, penyebab utama dari mayoritas terjadinyan kebakaran di Kota Makassar dikarenakan peningkatan suhu dan banyaknya alang-alang kering disatu lahan yang dekat dengan pemukiman.

“Potensi kebakaran dimana saja dan kapanpun bisa terjadi dikarenakan suhu panas yang meningkat dapat memicu terjadinya api awal terlebih di daerah atau wilayah yg banyak alang-alangnya,” jelasnya.

Olehnya kebakaran alang-alang dapat menjalar dengan sekejab mendekati pemukiman penduduk.

“Selain itu pemicunya diakibatkan dengan sentilan bara puntung rokok yang jatuh dirumput yang kering dan menjalar ke alang-alang dan berpotensi terjadinya kebakaran lahan yang berdekatan dengan pemukiman warga,” paparnya.

Reporter : Maya