Sulselmengabari, Makassar – Partai Demokrat memastikan mengunci satu kursi di Dapil 1 Makassar. Kursi tersebut milik caleg nomor urut 7, Rezki.

Namun target 2 kursi di Dapil yang meliputi Kecamatan Ujungpandang, Makassar dan Rappocini ini mendekati kenyataan. Nama Zulkifli Thahir membayangi. Suara caleg Demokrat nomor urut 3 ini untuk sementara melampaui suara kader lainnya.

Sebelumnya pada Pileg 2014 Demokrat hanya meloloskan satu kadernya di Dapil 1. Kursi tersebut milik Agung Wirawan. Pada Pileg 2019 Agung tak lagi maju. Praktis tak ada caleg petahana partai besutan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di dapil ini.

Peluang meraih dua kursi bagi Demokrat di Pileg 2019 cukup besar. Apalagi setelah melihat hasil rekapitulasi tingkat kecamatan. Suara caleg nomor urut 7 jauh melampuai delapan caleg lainnya. Di urutan kedua suara Zulkifli cukup signifikan.

‘’Sudah tembus di angka 3000-an. Saya optimis bisa lolos mendampingi Ibu Rizki,” sebut Abang Chuleq, sapaannya, Ahad (28/4/2019) petang.

Ketua Non Aktif DPW Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel ini optimis suaranya akan terus bergerak. Ia menargetkan sampai angka 4000-an. Keyakinan mantan aktivis mahasiswa ini setelah melihat hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan yang belum rampung 100 persen.

Menurutnya 3000-an suara tersebut berasal dari 400-an TPS dari 686 TPS di Dapil 1 dan data suara C1 yang ia miliki.

‘’Rekapitulasi pada tingkat kecamatan belum rampung. Masih ada 200-an TPS lagi yang belum selesai dilakukan rekapitulasi,” katanya.

Sebelumnya Demokrat sudah mengunci satu kursi dari 9 kuota di dapil ini. Kursi tersebut milik Rezki, istri Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Makassar, Irwan R. Adnan.

Ketua DPC Partai Demokrat kota Makassar Adi Rasyid Ali, yakin target dua kursi di Dapil 1 bisa terwujud. ARA, sapannya tak hanya sekadar mengklaim. Bukti C1 yang dimiliki DPC Demokrat kota Makassar dari ribuan saksi yang diturunkan pada hari pencoblosan 17 April 2019, jadi bukti.

‘’Caleg Demokrat peraih suara tertinggi di Dapil 1. Di sana ada Rezki yang menjadi lumbung suara kami. Delapan kader lainnya memiliki suara yang bagus. Tinggal menunggu rekapitulasi rampung. Saya yakin bisa dua kursi,” ujarnya.

Menurut ARA, suara partai yang dipimpinnya di dapil ini akan terus bergerak naik. “Masih banyak kantong-kantong suara kami yang belum masuk,” katanya.

Berikut Pemilik Kursi di Dapil 1 (Kec. Ujungpandang, Makassar dan Rappocini) pada Pileg 2014 lalu

1. Irwan Jaffar (NasDem)

2. Mudzakkir Ali Jamil (PKS)

3. M. Munir N Mangkana (PDIP)

4. Farouk M Betta (Golkar)

5. Eric Horas (Gerindra)

6. Agung Wirawan (Demokrat)

7. Zaenal Dg Beta (PAN)

8. Fasruddin Rusli (PPP)

9. Azis Djarre (Hanura)

Berikut 9 Caleg Partai Demokrat di Dapil 1 (Kec. Ujungpandang, Makassar dan Rappocini) pada Pileg 2019

1. Nuryanto G Liwang
2. Hamdaningsih, SH, MH
3. Zulkifli Thahir, SE
4. Imran Isgar
5. Muh. Putra Yana Pratama
6. Mismaya Alkhaerat
7. Rezki
8. Ir. Andi Muhammad Akbar, MT
9. Christopher Aviary (*)

Tinggalkan Balasan