Pj Wali Kota Iqbal Penuhi Undangan PBB

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar,- Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb bertolak ke Baku, Azerbaijan memenuhi undangan PBB. Ia meninggalkan tanah air pekan lalu bersama rombongan KemenPAN-RB yang menyertakan beberapa kepala daerah di Indonesia.

Selama berada di Baku, Azerbaijan, Iqbal akan mengikuti dua kegiatan utama yaitu memenuhi undangan menghadiri dan berpartisipasi pada UNPSF (United Nations Public Service Forum) 2019 di Baku, Azerbaijan, dan workshop inovasi pelayanan publik di Haydar Aliyef Center, kota Baku Azerbaijan, pada 24 hingga 26 Juni 2019.

Agenda ke dua yang diikuti Iqbal adalah mengunjungi dan mempelajari inovasi pelayanan publik di UNPSF, ASAN Xidmat di Azerbaijan, dan Public Service Hall di Georgia pada 25 sampai 27 Juni 2019.

“Keiikutsertaan Kota Makassar dikarenakan Makassar menjadi salah satu kota di Indonesia yang mendapatkan Award Top 40 Inovasi Makassar melalui inovasi “Longset (Lorong Sehat)” masuk dalam UNPSA (United Nations Public Service Awards) melalui seleksi KemenPAN-RB yang masuk dalam TOP 40 pada tahun 2017,” jelas Kabag Perekonomian dan Kerja Sama Setda Kota Makassar Najiran Syamsuddin, P.Hd.

Menurut Pj Wali Kota Iqbal, kehadiran Pemkot Makassar memenuhi undangan PBB sangat diperlukan untuk memperkuat peran kota Makassar dalam dunia internasional utamanya melalui keikutsertaan Indonesia dalam forum PBB.

“Forum ini merupakan wadah transfer pengetahuan mengenai kebijakan, praktik, dan inovasi pelayanan publik yang paling mutakhir di antara negara – negara anggota PBB lainnya,” sebut Pj Wali Kota Iqbal.

Indonesia merupakan negara yang aktif berperan serta dalam kegiatan UNPSA dan UNPSF sejak tahun 2015. Keikutsertaan tersebut sejalan dengan prestasi Indonesia dalam mendapatkan penghargaan UNPSA pada tahun 2015 dan 2018, yang dianugerahkan pada pelaksanaan UNPSF di tahun tersebut.

Capaian itu menjadikan Indonesia dikenal dalam berbagai forum internasional terkait dengan inovasi pelayanan publik. Partisipasi Indonesia dalam UNPSF 2019 di Baku, Azerbaijan dikarenakan pada tahun ini Indonesia kembali meraih award sebagai juara pertama pelayanan publik melalui Badan Penanggulangan Bencana RI dengan Inovasi “Peta Bencana”.

Penerimaan penghargaan Top Inovasi 2019 tingkat dunia yang diselenggarakan oleh PBB melalui UNPSF bertempat di Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan, Senin, 24 Juni 2019 kemarin.

PBB mengundang negara dan kota yang ikut dalam kompetisi inovasi UNPSA hadir
dalam forum bergengsi ini. Keikutsertaan Makassar dalam UNPSF menjadi penting karena membuat nama Makassar dikenal di mata dunia, dan sebagai bentuk partisipasi pada kegiatan peningkatan pelayanan publik terutama kompetisi yang dilaksanakan oleh KemenPAN – RB sebagai pembina KIPP (Kompetisi inovasi pelayanan publik).

**Laporan langsung Najiran Syamsuddin (Kepala Bagian Perekonomian dan Kerjasama Kota Makassar) dari Baku, Azerbaijan.