Sulselmengabari, Makassar— Upacara pencanangan Gerakan Makassar (GeMa) Sabtu Bersih dilaksanakan di pelataran Anjungan Pantai Losari, Sabtu (22/6/19).

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Camat Ujungpandang sebagai Komandan Upacara.

Ratusan satgas di 15 Kecamatan hadir mengikuti diboyong para camatnya. Tak ketinggalan Ketua PKK Prov Sulsel, PJ Ketua TP PKK Kota Makassar, Sekda Kota Makassar, Kapolres Kota Makassar, Jajaran SKPD Kota Makassar.

GeMa Sabtu Bersih ini diinisiasi langsung oleh PJ Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bersama PJ Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal.

Dengan tujuan, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas. Mengutamakan peran serta masyarakat di dalam menunjang perilaku bersih dan sehat.

“Ini inovasi baru mendorong dan menggalakkan kegiatan gotong royong atau kerja bakti “Sabtu Bersih” di tiap RT/RW se- Kota Makassar yang dikordinir oleh kelurahan masing-masing,” ucap Iqbal

Selain itu, inovasi ini membentuk dan memelihara kawasan hijau percontohan di tiap kecamatan yang dikordinir oleh camat Se- Kota Makassar.

Sementara, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengapresiasi serta mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu menjaga kebersihan Kota Makassar.

“Minimal hari Sabtu di seluruh pelosok Kota Makassar bebas sampah. Ini juga membantu para petugas kebersihan untuk mengangkut langsung sampah-sampah yang sudah dikumpulkan masyarakat. Jadi kita ringankan ini pekerjaannya satgas,” ungkapnya.

Launching pencanangan GeMa Sabtu Bersih ini ditandai dengan pemberian seperangkat alat kebersihan (sapu dan sekop sampah) kepada dua orang satgas Makassar. (*).

Tinggalkan Balasan