Sekda Makassar Andalkan Puskesmas Makkasau Lolos Akreditasi

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Sekretaris Daerah Kota Makassar Andi Muh Ansar menaruh harapan besar Puskesmas Makassau Makassar lolos akreditasi.

Hal ini ia sampaikan usai membuka survei akreditasi Puskesmas di Puskesmas Makkasau, Kompleks PDAM Makassar, (19/9).

Hari ini, sebanyak tiga surveyor dari Kementerian Kesehatan secara bersamaan melakukan survei selama tiga hari di tiga Puskesmas di Makassar.

Sekda Ansar mengatakan kriteria penilaian akreditasi ini dilakukan sangat ketat. Bahkan menurutnya jika petugas survei turun dan tidak menemukan petugas Puskesmas berada di tempat maka mereka langsung meninggalkan lokasi yang disurvei.

Meski demikian, Ansar yakin Puskesmas Makkasau tersebut bisa lolos akreditasi.

“Harapan kita memang, Puskesmas Makassau ini salah satu andalan kita yang bisa mendapatkan akreditasi,” kata Ansar.

Diketahui, ada tiga tingkatan akreditasi penilaian. Pertama akreditasi tingkat dasar, ke dua tingkat madya, dan ke tiga tingkat utama.

Dalam sambutannya, Ansar mengatakan selama ini peningkatan derajat kesehatan dengan berbagai upaya telah dilakukan, mulai upaya pelayanan dasar sebagai langkah awal secara tepat dan tepat agar sebagian besar masalah kesehatan masyarakat dapat diatasi.

Pemerintah kota Makassar telah memprioritaskan akses kesehatan yang merata, memprioritaskan peningkatan jangkauan dan kualitas pelayanan pada masyarakat dan menyediakan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan di bidang kesehatan.

Selain itu, kata Ansar dalam upaya optimalisasi peningkatan mutu dan kinerja pelayanan kesehatan sesuai Permenkes RI No. 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan Permenkes Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi, maka sejak tahun 2016 -2018 telah dilakukan survei akreditasi sebanyak 41 Puskesmas dengan hasil 19 Puskesmas terakreditasi dasar, 17 madya dan 5 utama.

“Pada tahun 2019 ini, akan dilakukan survei akreditasi perdana untuk 5 Puskesmas dan 21 Puskesmas (4 diantaranya sudah disurvei dengan hasil 3 terakreditasi utama dan 1 terakrediatasi madya) dan pada hari ini sampai tanggal 22 September 2019 puskesmas Makkasau akan disurvei,” jelas Ansar. (MUHAMMAD IDRIS)