Selain Teori, Disdag Beri Praktek Pengolahan Cabe ke Pelaku IKM

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar menggelar Pelatihan Pengolahan Cabai Angkatan kelima, di hotel Favor Makassar pada 26 hingga 28 september 2019.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah pemateri yang ahli dalam bidangnya, mereka adalah Mukhlysa Daud, ST., M.Si dari Disnakertrans Prov. Sulsel, Din Zulfikar, S.Sos, M.Si dari Dinas Ketahanan Pangan Makassar, serta Ibu Sitti Ramlah dan Ibu Wahyuni merupakan Instruktur Pelatihan Cabai dari Balai Besar Industri Hasil Perkebunan, Kementerian Perindustrian RI.

Pelatihan ini diikuti 50 peserta kaum ibu yang merupakan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Ujung Tanah, Wajo dan Tamalanrea.

Berdasarkan pantauan sulselmengabari.com, dalam pelatihan ini, pemateri tidak hanya memberikan teori dalam pengolahan cabai, nampak pula pemateri mempraktekkan cara pengolahan cabai.

Peserta yang hadir nampak antusias dalam praktek pengolaan cabai kalai ini, mulai dari menghancurkan cabai dengan blander, menyaring hingha mengemas cabai secara berurutan langsung di praktekkan.

Kadisdag, M. Yasir, menejlaskan jika hak ini dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui secara langsung proses pengolahan cabai yang baik.

“Pelatihan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Makassar kepada warganya untuk dapat mengetahui langsung proses produksi olahan cabai secara sistematis dan terarah, sehingga mampu memberikan nilai tambah yang besar dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat,” jelas Drs. H. Andi Muh. Yasir, M.Si dalam sambutannya. (*)