Bappeda Makassar Gelar Workshop Koordinasi Simpul Kerjasama dengan Badan Usaha (KPBU)

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Bappenda Kota Makassar menggelar workshop koordinasi simpul kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

dihadiri 100 peserta dari perwakilan tiap SKPD se kota Makassar, kegiatan digelar di hotel Aston, Kamis, (31/10/2019) siang.

Asisten III Walikota Makassar H. M. Takdir, hadir dan membuka kegiatan. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentinganya KPBU bagi pembangunan infrastruktur di kota Makassar.

“Skema KPBU diperlukan mengingat adanya keterbatasan daerah dalam pembiayaan pembanguanan infrastruktur yanh memyebabkan adanya selisih pendanaan yang harus dipenuhi, sehingga perlu adanya creative financing melalui kontribusi swasta untuk menjadi alternatif sumber pendanaan dalam penyediaan infrastruktur layanan publik,” ungkapnya dihadapan peserta.

Di kota Makassar, sejumlah proyek disebutnya telah diajukan dengan skema pembiayaan KPBU, diantaranya pembangkit listrik tenaga sampah, new balaikota, the master project, dan balang tonjong hingga saat ini masih dalam proses. Meski demikian, Takdir tetap optimis untuk pencapaiannya.

“Meskipun perjalanan untuk merealisasikan project melalui skema KPBU di kota Makassar masih panjang, namun kita harus optimis mencapai keberhasilan pelaksanaannya, sehingga pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahtraan bagi masyarakat,” kuncinya. (*)