Dinas Kearsipan Pemkot Makassar Beri Pelatihan ke 200 Peserta

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Dinas Kearsipan Kota Makassar menggelar Workshop arsip statis lingkup pemerintah Kota Makassar.

Mengangkat tema ‘Peningkatan mutu arsip dan aksesibilitas arsip menuju makassar 3C (Clean City, Comfort for Inhabitant and Continuity Program)’ kegiatan digelar di Hotel Grand Celino, jalan Lanto dg. Pasewang, Rabu, (30/10/2019) siang.

Sebanyak 100 peserta dihadirkan pada angkatan kedua ini. Mereka adalah pengelola-pengelola arsip padi tingkat kelurahan.

Sebelumnya, diangkatan pertama, 100 peserta dari perwakilan pengelola kearsipan SKPD juga mendapatkan pelatihan serupa.

Mantan Sekda Makassar, H. Ibrahim Saleh SE, MM, nampak hadir membawakan materi. Mulai dari materi pengelolaan arsip, penyetoran dan klasifikasi arsip, pemberkasar hingga perwatan berkala arsip, tuntas dipaparkan.

Kepala Seksi Pembinaan SDM kearsipan Dimyati, yang juga selaku ketua panitia mengungkapkan jika kegiatan ini dianggap perlu dilakukan untuk menghasilkan arsip yang baik di lingkungan pemkot Makassar.

“Diharapkan bahwa setiap SKPD dia bisa mengelola arsip. SKPD dan unit kerja, adalah pencipta arsip, sehingga diharapkan bisa mengelola arsip Statis,” ungkapnya.

Ia menambahkan jika selama ini masih ada sejumlah OPD belum dapat mengelola arsip pada tingkat Statis, sehingga perlu dilakukan pelatihan.

“Selama ini cuman arsip dinamis yang dihasilkan, belum mencapai pada tingkat arsip yang statis. Sehingga, kita sebagai lembaga kearsipan, perlu memberikan pelatihan,” kuncinya. (*)