Sulselmengabari, Makassar – Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2019 yang digelar oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dibuka hari ini, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I), Muharram di Balai Diklat Desa, Kota Makassar, tepatnya di Jalan Andi Djemma.

Ketua Panitia, Fikri Rahmat Utama mengatakan DJMTD ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh LPM Profesi untuk merekrut anggota baru. Dalam kegiatan ini, peserta akan diberikan pembekalan materi seputar jurnalistik yang selanjutnya juga akan dipraktekkan langsung oleh peserta.

Adapun materinya yakni, Mengenal Dunia Jurnalistik, Konvergensi Media, perencanaan Peliputan dan Teknik Wawancara, Teknik Menulis Berita, Foto dan Video Jurnalistik, Manajemen Media Sosial/ Podcast, serta Layout dan Desain Grafis. Materi tersebut akan dibawakan oleh delapan orang jurnalis dari berbagai media di Makassar.

“Beberapa praktisi media seperti dari Tribun Timur, Tempo, Fajar, Bisnis Indonesia akan menjadi pemateri,” ujar Fikri.

Selain pembekalan materi jurnalistik, terdapat lima item kegiatan pada DJMTD 2019 ini. Item kegiatan tersebut meliputi, praktek wawancara dan menulis berita, hunting foto dan video jurnalistik, kunjungan media broadcasting, radio dan TV, investigasi, dan widyawisata ke Malino.

Lebih lanjut, Fikri mengatakan DJMTD merupakan tahap awal yang harus dilakukan mahasiswa sebelum bergabung menjadi anggota baru di LPM Profesi UNM. Menurutnya, untuk ke tahap perekrutan selanjutnya peserta terlebih dahulu harus mengetahui dasar-dasar jurnalistik.
“Mereka harus punya bekal untuk menjadi jurnalis kampus yang idealis,” ujarnya.

Acara pembukaan DJMTD 2019 ini dimeriahkan oleh penampilan Sulapa Appa. Sebanyak 105 peserta dari berbagai jurusan di UNM yang mengikuti kegiatan ini. Peserta merupakan angkatan 2018 dan 2019. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here