Gelar Sosialisasi, Ombudsman Tingkatkan Esensi Pengawas Pelayanan Publik

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Ombudsman Kota Makassar menggelar sosialisasi di hotel D’maleo, Senin, (11/11/2019) siang.

Mengangkat tema, ‘Esensi obudsman Kota Makassar sebagai pengawas pelayanan publik, di Kota Makassar,’ kegiatan tersebut dibuka langsung Staf Ahli Bidang I, Aziz Hasan.

Saat dimintai komentar, Aziz menilai baik kegiatan yang digelar Ombudsman, pasalnya Ombudsman perlu diperkuat untuk membantu pemerintah dalam mengantisipasi kebocoran dalam pengelolaan anggaran.

“Ini terkait dengan pengawasan tentunya, di kota Makassar ini banyak kegiatan-kegiatan yang Seksi dilakukan. Sedang banyak teman-teman yang belum memahami masalah, sudah diserai masalah dan tugas-tugas teknis pengelolaan anggaran, ini tetunya perlu pengawasan.

Lanjut ia memberikan contoh kekeliruan dalam pengelolaan anggaran. “Misalnya ada Kegiatan yang harus dipotong pajak, tapi tidak dilakukan, karena belum tau, atau salah mempersepsikan kegiatan. Mungkin dia tidak mengambil, tapi dari segi pelaksanaan administrasinya tidak tepat,” jelasnya.

Aziz berharap, dengan adanya Obudsman, kedepan dapat lebih meningkatkan pengwasan sehingga setiap kegiatan yang bersifat pelayanan publik dapat berjalan sesuai koridor.

“semoga kedepannya pengawasannya lebih maksimal, Sayangnya kurang kegiatan yang bisa dimanfaatkan oleh Ombudsman, intinya bagaimana merapatkan barisan, memberikan pemahaman kepada pengelola anggaran,” kuncinya.

Disisi lain, Humas Dinas PU Kota Makassar, Hamka, turut hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini. Pihaknya berharap dapat terus bekerjasama dengan Ombudsman dalam rangka menciptakan pelayanan publik yang baik.

“Harapan kami, bagaimana mensinergikan, obudsman dengan program dan kegiatan PU kota Makassar, yang pada ahirnya, semuanya meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat,” tegasnya.

Sebanyak 200 peserta hadir dalam kegiatan ini, Baik dari perwakilan SKPD, OPD, Puskesmas, Kecamatan, maupun dari kalangan Mahasiswa.

Hadir pula Dr. Muh idris patarai, (penggagas ombudsman kota Makassar) selaku pemateri menceritakan sejarah ombudsman, bersama Dr. Muliadi hamid (komisioner pertama Ombudsman Kota Makassar) membawakan materi penguatan keberadaan Ombudsman. (*)