Jelang Peluncuran Isman Apung, Pemkot Makassar dan Institusi Terkait Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Kapal

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Jelang pelaksanaan isolasi mandiri apung terpadu, stakeholder terkait: Pemerintah Kota Makassar, PT Pelni, Pelindo, Badan SAR Nasional (Basarnas), Syahbandar Makassar, menggelar simulasi penanggulangan bencana kebakaran KM Umsini di Pelabuhan Peti Kemas Makassar, Kamis (22/7/2021).

Dalam simulasi ini, diskenariokan KM Umsini mengalami kebakaran mesin, sejumlah ABK dan kru kapal lainnya bersama tim Basarnas yang menggunakan kapal SAR berusaha memadamkan Api. Diceritakan pula, seorang awak kapal terluka akibat kebakaran langsung dievakuasi. Sementara peserta isolasi apung terpada  dievakusi menggunakan kapal sekoci yang dijemput kapal Basarnas.

Sekretaris Kota Makassar, Ir. Ansar usai menyaksìkan simulasi tersebut mengatakan mengatakan simulasi ini dilakukan untuk melihat kesiapan para pihak terkait, mengantisipasi jika terjadi insiden, sudah ada standar operasional dalam penanganan bencana di KM Umsini.

“Tadi betul betul secara detail seluruh  aktivitas penanganan sampai pada proses evakuasi korban bagaimana korban dibawa ke darat. Saya tadi di anjungan di depan kapten, di situ kita bisa melihat samping, depan sampai ke belakang kapal, standarnya mereka sudah ada dalam penanganan bencana,” ujar Ansar.

Ansar mengungkapkan secara umum kapal sudah siap, tinggal pihak Pemkot Makassar merampungkan pengerjaan sekat untuk tempat tidur dan persiapan suplai logistik ke KM Umsini.

“Ini kita bisa operasikan dalam waktu singkat, karena kapalnya sudah siap. Kita tinggal menambah misalnya ada sekat tempat tidur karena prokes.Ini presentasi sudah 80 persen rampung dengan kesiapan logistik nantinya diatas kapal seperti obat-obatan,” ucap Ansar.

Untuk memberi kenyamanan pada peserta Isolasi  apung di kapal KM Umsini, akan diberi hiburan seperti olah raga di pagi atau sore hari, lalu pada malam hari akan diputarkan film, dan kapal tersebut akan diberi fasilitas jaringan wifi internet.

“Orang di isolasi disini  harus dihibur tentu diberikan fasilitas wifi, televisi, kita berika game game pagi atau sore kita beri olah raga, malam hari kita kasih nonton film,” jelas Ansar.

Kapal KM Umsini, saat digunakan isolasi mandiri akan berlabuh sekitar 300 meter dari Pelabuhan Makassar. Peserta isolasi apung akan diantar menggunakan kapal kecil yang telah disiagakan di sekitar kapal (*)