Digitalisasi Sasar Warga Rusunawa Makassar, Bayar Iuran Via QRIS

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Para penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada di Kelurahan Lette serta Panambungan, kini dimudahkan pasalnya para penghuni cukup mengakses dengan aplikasi berbasis QRIS sudah bisa  melakukan pembelian voucher listrik, pembayaran sewa tempat tinggal hingga pembayaran air pdam.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Makassar, Nirman Mungkasa mengungkapkan bahwa  saat ini sudah memasuki tahap sosialisasi terkait sistem pembayaran ini.

“Jadi sebenarnya sosialisasi kita sudah minta ke bank BPD tapi lama cuman  mereka minta semuanya terpasang, hari ini sudah kita pasang kira- kira  90 persen terpasang, makanya kami sosialisasikan.  Pada saat sosialisasi  harus aplikatif dilapangan bagaimana cara membayar pakai barcode dengan Qris terus bagaimana prosesnya  kemudian fasilitas apa yang diberikanoleh  BPD,” ungkap Nirman Mungkasa, Rabu (22/12/2021).

Nirman Mungkasa menambahkan bahwa proses pembayarannya ini sangat memudahkan masyarakat jadi tidak jauh – jauh ke mana-mana hanya ke depan pintu kamar sudah bisa melakukan pembayaran langsung bisa menyelesaikan tagihan – tagihannya yang mereka di wajibkan. Kini sudah menggunakan sistem voucher, sistem ini memudahkan masyarakat kalau banyak menunggak tidak mati lampu semuanya hanya per kamar,”pungkasnya.

Perlu juga diketahui kedepan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Makassar mempunyai beberapa program untuk masyarakat di rusunawa yakni lomba kebersihan antar kamar jadi siapa yang paling bersih akan diberikan reward. Program lainnya itu yakni Dinas akan bikin koperasi di rusunawa jadi nanti itu pemilik saham masyarakat disitu jual bahan kebutuhan masyarakat dan mengenai waktunya, terlebih dahulu akan bikin mounya siapa pengurusnya.