Hilal Tak Terlihat, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan pada 3 April

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar- Kementrian Agama (Kemenag) menggelar hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1443 H yang dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (2/4/2022).

Dalam pemaparannya, Menteri Agama Yaqut memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (3/4/2022).

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal Ramadan 1443 H, dimana sidang isbat menghasilkan ketetapan bahwa hilal tidak terpantau di sejumlah wilayah pemantauan.

“Secara mufakat 1 Ramadan jatuh pada Ahad (Minggu) 3 April 2022,” ujar Yaqut membacakan keputusan sidang isbat di Kementerian Agama.

Berdasarkan hisab, posisi hilal di ketinggian masih berada di 1 hingga 2 derajat. Pemantuaan dilakukan di 101 titik di 34 provinsi di Indonesia, dimana semuanya, memastikan tidak melihat hilal.

Pemantau hilal itu berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama (Kemenag), Thomas Djamaluddin sebelumnya memastikan dari 101 titik pemantauan hilal di 34 Provinsi Indonesia menunjukkan bahwa posisi hilal 1 Ramadan 1443 Hijriah belum terlihat.

Sevelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu (2/4/2022) besok.

Keputusan Muhammadiyah tersebut berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.(**)