Kesbangpol Makassar Terima Kunjungan Kerja Tim Direktorat Perencanaan Diklat PIP

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar-Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar, Zainal Ibrahim menerima kunjungan kerja Tim Direktorat Perencanaan Diklat PIP dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Ruangan Rapat Sekretaris Daerah Kota Makassar, Kantor Walikota Makassar,Rabu (25/5/2022).

Tim BPIP terdiri dari Dr. Muhammad Alishahdani (Kepala Subdit Jakstra), Andi Hakim, (Koordinator Subdit Mutu Diklat) dan Shahnaz Rhea R.F (Pranata Diklat).

M. Alishahdani Ibrahim menjelaskan bahwa ada dua maksud kunjungan Tim BPIP ke Pemkot Makassar yaitu secara makro, bahwa BPIP menawarkan kerjasama pemberian sertifikasi secara porto folio sebagai tenaga pengajar pancasila kepada pegawai Pemkot Makassar, khususnya widyaiswara setelah melalui tahapan proses kualifikasi melalui 7 assesor yang disiapkan Tim BPIP.

“Nantinya widyaiswara yang telah mendapatkan sertifikat ini, dapat mengajarkan materi pancasila, wawasan kebangsaan dan pendidikan kewarganegaraan melalui Diklat instansional yang diselenggarakan Pemkot Makassar melalui BKPSDM Kota Makassar” jelas M. Alishahdani

Kedua adalah secara mikro, bahwa BPIP akan menjalin kerjasama dalam hal sumber daya melalui Diklat instansional yaitu melalui :

  1. Sudah ada Pengajar Pancasila yang telah disertifikasi oleh BPIP
  2. Melalui sarana dan prasarana Diklat pada BKPSDM Kota Makassar
  3. Program Kegiatan kerjasama dalam hal pembinaan ideologi pancasila.

Lebih lanjut M. Alishahdani mengatakan bahwa “segmen prioritas bagi pengajaran pancasila ini ditujukan kepada ASN (khususnya CPNS), TNI/Polri (Babinsa dan Babinmas) serta komponen masyarakat lainnya (lurah, penyuluh sosial, purna paskibraka, pramuka).

Zainal Ibrahim menyatakan bahwa akan melakukan koordinasi dengan SKPD terkait sehubungan dengan implementasi kegiatan Diklat PIP yang disampaikan oleh Tim BPIP ini.

” Dengan adanya kunjungan kerja ini, tentunya kami dari pemerintah kota Makassar akan menindaklanjuti dengan koordinasi dengan SKPD terkait,”ujar Zainal Ibrahim.

Pada kesempatan pertemuan ini juga dihadiri beberapa pejabat SKPD terkait yaitu dari BKPSDM Kota Makassar, Bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum dan HAM.

Kegiatan diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara Pemerintah Kota Makassar dengan Tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.