Kaban Kesbangpol Makassar Sebagai Pembicara Dialog Pancasila

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar-Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Makassar mengadakan Dialog Pancasila bertema Kontekstualisasi Nilai Pancasila dan Tantangan Masa Depan di Gedung Margasiswa PMKRI, Jl. Dr. Soetomo No. 8 Makassar, Sabtu (4/6/2022).

Dialog Pancasila ini menghadirkan pembicara yaitu Zainal Ibrahim (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar), Kompol Sismoyo (Kasat Intelkam Polrestabes Makassar), Andi Hadi Ibrahim Baso (Anggota DPRD Kota Makassar) dan Dee Dahyar Daraba (Kabid Dispora Kota Makassar).

Dalam sambutan pembukaan kegiatan Dialog Pancasila, Teobaldus Hemma, Ketua Presidium PMKRI Cabang Makassar menyampaikan kegiatan dialog ini dilaksanakan sebagai bagian keikutsertaan PMKRI Cabang Makassar untuk tetap menjaga nilai-nilai Pancasila tetap diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu sebagai salah satu pembicara dalam dialog ini, Kaban Kesbangpol Kota Makassar, Zainal Ibrahim, menyatakan Pancasila sebagai way of life harus benar-benar dipahami seluruh masyarakat, khususnya kalangan generasi muda.

“Tantangan terbesar bangsa kita saat ini, bagaimana generasi milenial menjadi obyek utama yang harus didorong untuk tetap mengamalkan nilai luhur Pancasila” ujar Zainal Ibrahim

“Ini bertujuan agar Pancasila tidak tergerus oleh berbagai faham yang bisa memecah kedaulatan bangsa” ungkap Zainal Ibrahim

“Saat ini Pemerintah Kota Makassar bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sedang mengembangkan pola pendidikan yang ditujukan pada generasi muda, tentunya pola penanaman nilai Pancasila dalam bentuk metode indoktrinasi kurang relevan lagi diterapkan pada generasi milenial, namun perlu dikembangkan pola yang lebih fleksibel”, kata Zainal Ibrahim mengakhiri paparannya.