Hadirkan Dewan Lorong Untuk Mengawal Pembentukan BULO, Diskop Dan UKM Makassar Gelar kegiatan GEMASKOP

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar-Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar menggelar kegiatan Gerakan masyarakat sadar koperasi (GEMASKOP) di Hotel Best Western Plus, Jalan Botolempangan, Makassar. Kamis (21/7/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Hj. Sri Susilawati yang hadir langsung memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka kegiatan bersama ketua panitia pelaksana Kepala bidang Kelembagaan Koperasi Diskop Makassar, Muh Sukma Saleh mengatakan dengan kegiatan ini kita harapkan masyarakat sadar koperasi dan bagaimana pentingnya peran serta mamfaat kelembagaan koperasi yang diharapkan dapat mendorong dan memacu pergerakan perekonomian baru terutama dilorong-lorong.

“Pada kegiatan gerakan masyarakat sadar koperasi ini pesertanya kita panggil dari perwakilan D’Lor, rata-rata yang hadir Ketua Dewan Lorong (D’Lor) masing masing Kecamatan yang berjumlah 7 orang per kecamatan,” ungkap Muh. Sukma Saleh.

Kabid Kelembagaan Koperasi ini melanjutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni dewan lorong diharap menjadi motor penggerak di lorong untuk mengindentifikasi dan mengorganisir pelaku-pelaku UKM yang ada di dalam lorong, dan setelah diidentifikasi dan dikelompokkan mereka diharapkan untuk dapat membentuk Badan Usaha Lorong (BULO), target kita akan membentuk Badan usaha lorong di 1000 lebih titik lorong wisata nanti kita akan lihat potensinya seperti apa. Dari 1000 lebih titik lorong wisata yang mana mempunyai potensi untuk kita dorong sampai bisa membentuk kelembagaan koperasi yang berbasis komunitas, jadi BULO ini diharapkan akan menjadi cikal bakal terbentuknya KOPERASI.” tutupnya.

Perlu diketahui pada kegiatan ini, panitia pelaksana menghadirkan narasumber yang berkompeten diantaranya dari Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) Diskop Propinsi Sulawesi Selatan yakni Bapak Nur Fitrani, SE., MM dan Ibu Dr. Tuti Supatminingsih, SE., MSi yang merupakan Akademisi/Praktisi Koperasi.