iklan









SUBHAN, SE., M.COM
(Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UNKHAIR)

SulselMengabari.Com, 25 Juli 2022
Setiap pelaku bisnis punya keinginan memiliki toko online (online shop) untuk menjual berbagai produk dan layanan mereka. Menciptakan strategi bisnis online yang efektif adalah salah satu kunci utama karena mendefinisikan ulang apa yang sebenarnya ditawarkan bisnis Anda. Memiliki tujuan dan arah yang jelas dalam bisnis akan membantu memahami hal-hal yang Anda butuhkan dan juga konsumen Anda. Memiliki strategi bisnis eCommerce yang efisien sangat penting dalam mengurangi kemungkinan pengeluaran dan kerugian yang tidak diinginkan. Ini juga membantu Anda bersaing dengan pesaing besar lainnya di industri ritel online.

Libatkan Pelanggan dalam Desain Toko Online

Untuk menggaet hati calon konsumen, Anda perlu membuat kesan pertama yang baik. Situs web Anda mewakili keberadaan toko online. Mendapatkan desain terbaik untuk situs web dapat mempertahankan kesan yang baik dan profesional, dan navigasi yang mudah ke situs web dapat memberi konsumen pengalaman berbelanja yang mudah. Anda dapat memilih desain yang minimalistik untuk mewakili desain situs web Anda.

Halaman web “Tentang Kami” harus menyampaikan detail tentang ceruk bisnis Anda, lokasi Anda, dan apa yang Anda layani. Menambahkan gambar berkualitas baik dan deskripsi unik dari produk Anda juga merupakan keharusan. Menambahkan halaman FAQ (Frequently Ask Question) yang dapat menjawab pertanyaan dasar pelanggan Anda akan menambah pengalaman kepuasan pelanggan Anda.

Kualitas Produk

Kualitas produk dapat membantu mendapatkan konsumen yang terpercaya dan loyal. Ini juga mengurangi waktu, biaya, dan risiko permintaan pengembalian untuk produk yang cacat. Jika kualitas produk tidak baik, hal ini akan menimbulkan kesan negatif bahwa produk yang Anda jual secara online tidak berkualitas. Anda menciptakan kesan dan reputasi merek yang baik dengan memastikan produk Anda asli dan berkualitas baik.

Standarisasi Harga Produk Anda

Konsumen online selalu mencari dan membandingkan harga produk yang ditawarkan. Penetapan harga produk dianggap sebagai alat pemasaran dan memiliki efek langsung pada tingkat konversi (pembelian). Inilah alasan mengapa Anda harus mengevaluasi harga produk Anda. Harus diingat bahwa ketika konsumen online mengunjungi toko online, hal pertama yang mereka cari adalah harga produk. Cara yang terbaik untuk menstandardisasi harga produk Anda adalah dengan menentukan harga biaya, harga grosir, dan harga eceran Anda. Dengan membakukan strategi harga produk, Anda akan berhasil dalam jenis bisnis ritel online yang Anda miliki.

Memastikan Keamanan Toko Anda

Toko online harus “aman” agar konsumen memiliki kepercayaan diri untuk membeli produk Anda. Keranjang belanja online harus memiliki fitur keamanan yang sangat baik yang akan mencegah informasi pribadi konsumen jatuh ke tangan penjahat yang berkeliaran di dunia maya. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan reputasi bisnis toko online Anda. Ada berbagai cara untuk mengamankan situs web eCommerce Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan sertifikat SSL (Secure Socket Layer) yang mengenkripsi data di situs web Anda untuk mengamankannya dari ancaman online. Metode lainnya adalah menerapkan metode verifikasi berjenjang. Hal ini akan membuat konsumen percaya karena mereka tahu Anda mengambil langkah-langkah keamanan yang baik.

Dukungan Pelanggan yang Andal dan Terpercaya

Jika dukungan pelanggan Anda menjawab pertanyaan, pertanyaan, dan masalah mereka yang berkaitan dengan pembelian produk, pembayaran, pengembalian, dan pengiriman menambah keandalan dan kepercayaan pada toko Anda. Layanan pelanggan Anda harus tersedia 24/7 dan harus memberi layanan kepada konsumen dengan cara yang baik dan ramah. Selain itu, menggunakan chatbot untuk terhubung dengan pengunjung juga bisa dipertimbangkan. Memiliki layanan pelanggan yang baik akan membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Ini juga akan membantu Anda membangun identitas toko Anda.

Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Ada sekitar 4,4 miliar pengguna internet di seluruh dunia, di mana 3,44 miliar di antaranya aktif di media sosial. Sebagian besar perusahaan menjual produk atau layanan di Instagram Shopping karena menghasilkan lebih banyak perhatian dan keterlibatan daripada media sosial lainnya seperti Facebook. Oleh karena itu, mempromosikan bisnis eCommerce Anda di media sosial pasti akan meningkatkan kehadiran, keterlibatan, dan tingkat konversi toko Anda.

Kesimpulan
Dengan menerapkan ke enam komponen strategi electronic commerce tersebut di atas, toko anda bisa bersaing dengan baik dan tetap berkembang di dunia bisnis online yang semakin padat dengan persaingan. Pebisnis online yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi akan dengan sendirinya tergilas dengan perkembangan teknologi bisnis yang cepat. Bisnis online adalah bisnis dengan hambatan masuk terbilang kecil karena setiap orang dengan  koneksi internet bisa menjalankan bisnis dari mana pun dan kapan pun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here