PPK Disdag Makassar : Progres Revitalisasi Pasar Sawah Kini Hampir 60 Persen

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar – Revitalisasi Pasar Sawah Blok B dan C kini  terus di genjot pengerjaannya. Dan pengerjaan pasar yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) dari Kementerian Perdagangan ini pembangunannya kini sudah mencapai hampir 60 persen.

Progres capaian ini dinyatakan langsung oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perdagangan Kota Makassar, Abdul Hamid.

“Pembangunan Pasar Rakyat Sawah, melalui  Dana APBN dari Kementerian Perdagangan, terus digenjot, saat ini progres pembangunannya sudah mencapai hampir 60% dengan jumlah lods yg akan dibangun 60 unit dan kios 11 Unit. Konstruksi pasar sawah yg menelan anggaran 2,4 Milyar adalah konstruksi besi Baja,” ujar Abdul Hamid, Selasa (15/11/2022).

Abdul Hamid melanjutkan bahwa  untuk pengerjaan struktur menggunakan teknik pondasi Bore File yg kedalaman nya 6 meter, sehingga pasar ini termasuk bangunan yg dirancang bangunan tahan gempa.

“Mulai dari kolom, Balokan dan kuda kuda, sampai gording menggunakan besi baja, demikian juga nanti atap yg akan digunakan adalah merek Alderon yg anti panas, sehingga baik pedagang maupun pengunjung atau pembeli akan merasa nyaman didalamnya untuk melakukan transaksi Jual Beli, termasuk lantai keramik nantinya akan menggunakan keramik yg bagus, sehingga Pasar tersebut adalah satu satunya pasar yg dibangun dengan konsep Pasar Smart yg ada di Kota Makassar,”cetusnya.

Sementara Kepala Pasar Sawah, Arsyad S Umar mengatakan bahwa pembangunan pasar sawah ini disambut sangat baik oleh para pedagang.

“Pedagang berterima kasih pada pemerintah kota dengan adanya pembangunan pasar sawah yg berorentasi pasar smart maka pasar tidak kumuh dan becek,” beber Arsyad.

Ditempat yang sama, salah satu pedagang yakni Aziz mengaku cukup senang dengan revitalisasi pasar sawah, karena akan meningkatkan minat pengunjung untuk berbelanja dan tentunya akan meningkatkan pendapatan.

“Saya apresiasi adanya pembagunan pasar sawah oleh pemerintah, semoga bisa banyak pengunjung dan pembeli,” tutupnya.