Deteksi Dini Konflik, Kesbangpol Makassar Akan Gunakan Aplikasi

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar –  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar semakin intens menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat, kali ini Kesbangpol hadir di Kecamatan Makassar.

Sosialisasi yang mengangkat tema meningkatkan peran tokoh masyarakat dalam partisipasi pemilih pada pemilu dan pilkada tahun 2024, dibuka secara langsung, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar, Zainal Ibrahim yang didampingi kepala Bidang Politik Dalam Negeri Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol, Amru Mandasini.

” Untuk meningkatkan kualitas Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang, kami dari Kesbangpol intens menggelar kegiatan seperti ini. Tentunya kalau konsolidasi kebangsaan bagus maka isi- isu negatif  bisa hilangkan. kami butuh dukungan dan peran tokoh masyarakat sehingga proses ini berjalan dengan baik,” ujar Zainal Ibrahim.

Zainal Ibrahim menambahkan bahwa Kesbangpol  terus konsolidasikan dengan masyarakat melalui forum kewaspadaan dini  masyarakat untuk mengantisipasi hal – hal yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami dari Kesbangpol berencana dengan menggunakan aplikasi bagaimana forum kewaspadaan dini masyarakat bisa memberikan informasi cepat deteksi dilapangan, khususnya hal- hal yang bisa memicu konflik sosial di masyarakat sehingga kami dan pihak keamanan dan aparat bisa melakukan pencegahan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Commit Foundation Makassar, Kamaruddin Azis sangat mengapresiasi respon cepat Kesbangpol Makassar antisipasi kerawana atau konflik jelang pemilu dan pilkda 2024.

” Inisiatif yang luar biasa dari Kesbangpol yang pimpin pak Zainal Ibrahim untuk mengatasi potensi konflik jelang pemilu dan Pilkada.  Saya sangat bersyukur respon masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, dan tentunya masyarakat yang hadir ini bisa menjadi corong buat masyarakat lainnya agar bisa mensukseskan pemilu,” tutupnya.