Strategi DPPKB Makassar Cegah Stunting Melalui Program DASHAT

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar – DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) merupakan salah satu program Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) sebagai upaya demi mewujudkan Keluarga Berkualitas bagi masyarakat kota Makassar.

Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) Dinas PPKB, Isnadah menjelaskan bahwa, DASHAT adalah program pemberdayaan masyarakat dalam pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting. Kata Isnadah, hal ini juga sejalan dengan program BKKBN pusat.

Demikian yang ia sampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pengelolaan Dapur Sehat Atasi Stunting di kota Makassar yang digelar di Hotel Premier, Rabu (8/3/2023) kemarin.

Sosialisasi tersebut, menghadirkan seluruh pengelola DASHAT di masing-masing kampung KB yang tersebar diseluruh kecamatan di kota Makassar

“Program ini sebenarnya dari pusat, dan kami tindaklanjuti ke tingkat kota Makassar, dan hari ini kami adakan DASHAT agar masyarakat bisa mengetahui tentang seperti apa dapur sehat atasi stunting ini”, katanya kepada media saat ditemui di lokasi kegiatan sosialisasi.

Lebih lanjut Isnadah menuturkan, bahwa program tersebut diperuntukkan bagi Calon Pengantin (Catin), Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Baduta/balita serta anak yang beresiko stunting.

“Sehingga diharapkan masyarakat betul-betul memanfaatkan program DASHAT ini. Dan bagi kader-kader atau pengelola kampung KB juga diharapkan bisa berkolaborasi dengan Lurah hingga di tingkat RT/RW untuk mensukseskan program ini”, tuturnya.

Ditempat yang sama, salah satu peserta sosialisasi DASHAT, Ibu Nurbayati mengapresiasi program Dinas PPKB tersebut. Menurutnya, melalui program DASHAT tersebut, angka stunting di kota Makassar dapat dikendalikan

“Dengan adanya kegiatan seperti ini kita bisa menambah ilmu dan mendapat manfaat bagi kita sebagai kader. Jadi kita sebagai kader diharapkan untuk mensosialisasikan manfaat DASHAT ini ke masyarakat sekitar dalam rangka mencegah stunting”, ungkap Ketua Kader Posyandu, Kecamatan Manggala ini.

Kepala Dinas PPKB Chaidir menambahkan, kegiatan tersebut merupakan strategi pemerintah kota dalam mengoptimalkan pengelolaan dashat di Makassar. Program ini terus digalakkan, demi menuju Makassar Zero Stunting 2024. (*)