Atasi Stunting, Kadis PPKB Makassar Serahkan Sertifikat Elsimil Kepasangan Pengantin Baru

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana terus optimalkan pencegahan dan mengatasi stunting. Hal ini terlihat Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Makassar, Chaidir menyerahkan sertifikat elektronik siap nikah dan hamil (Elsimil) kepada pasangan pengantin baru pada acara resepsi pernikahan yang digelar di Hotel Aryaduta, Rabu (17/5/2023)

Kepada awak media, Chaidir menjelaskan bahwa Elsimil adalah aplikasi yang merupakan inovasi pemerintah pusat BKKBN dalam mengatasi stunting pada anak melalui edukasi bagi remaja/calon pengantin (catin) tentang bahaya stunting.

Sehingga, ia berharap, setiap catin yang akan melaksanakan pengantin harus mendapatkan sertifikat dan sertifikasi Elsimil. Dimana Elsimil ini dapat ditemukan melalui aplikasi yang di download masing-masing catin dan dipandu oleh tim pendamping keluarga yang sudah disiapkan di setiap Kelurahan.

“Aplikasi ini wajib diunduh dan digunakan bagi setiap calon pengantin di Kota Makassar guna membantu dalam pencegahan stunting”, katanya.

Menurut Kadis PPKB, salah satu tujuan Elsimil ialah setiap catin diberikan edukasi tentang persiapan gizi dan perilaku hidup sehat kepada calon pengantin.

“Termasuk bagaimana perkembangan kesehatannya, bagaimana nanti apakah bisa mencapai atau menghasilkan anak, karena disitu akan terdeteksi lebih awal bagaimana kondisi ibu atau calon ibu kedepannya”, jelasnya.

Lebih jauh Chaidir berharap, bahwa peserta yang terdaftar di aplikasi Elsimil bagi seluruh calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahannya harus lebih ditingkatkan lagi.

“Bukan lagi dianjurkan tapi diwajibkan untuk memiliki sertifikat minimal 3 bulan atau 20 hari sebelum melaksanakan akad nikah. Meski banyak warga kita kota Makassar ini yang masih belum tahu apa itu Elsimil, Tetapi kalau kita melakukan pendekatan-pendekatan edukasi dan sosialisasi, saya yakin ini akan menjadi langkah positif agar semua pihak turut berperan aktif dalam mengatasi stunting di Kota Makassar”, tutupnya.