Jadi Narsum di Kegiatan IOM, Kaban Kesbangpol Makassar : Posisi Pemerintah Hanya Bersifat Kemanusiaan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar, Zainal Ibrahim kembali menjadi Narasumber di kegiatan dialog dengan Komunitas Pengungsi luar negeri yang digelar oleh International Organization for Migration (IOM di Hotel Novotel, Jl. Chairil Anwar No. 28 Makassar, Selasa ( 20/06/2023) siang.

Pada kesempatan ini, Zainal Ibrahim mengungkapkan bahwa pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak terhadap keinginan pengungsi, apalagi terkait persoalan pemindahan ke negara ke tiga.

“Memang ada permasalahan di mereka ini lebih banyak kepada masalah pemindahan mereka ke negara ketiga. Kenapa  di indonesia tidak bisa menetap karena, di Indonesia tidak menanda tangani perjanjian internasional untuk menerima pengungsi hanya persinggahan saja, “ujar Zainal Ibrahim.

“Masalah ini merupakan
kewenangan UNHCR yang menangani pengungsi. Ada prosedur yang tentu harus dilewati, yakni ada kesediaan  negara pihak ketiga untuk menerima mereka dan prosedur assesment di dalamnya.  Pemerintah Indonesia dan pemerintah  daerah dimana posisinya ? posisinya kita ini adalah  yang bersifat kemanusiaan, fasilitasi pendidikan, kesehatan, dan kemudian menjaga keamanan dan ketertiban mereka dan semuanya kita sudah penuhi,” jelasnya.

Pada kegiatan ini, sesuai pantauan reportersulselmengabari.com nampak hadir  puluhan pungungsi luar negeri  yang tergabung dalam beberapa komunitas, dan jalannya pertemuan disertai dengan sesi tanya jawab.