BKPSDMD Makassar Menerima Peserta Studi Lapangan PKA Angkatan XI Konawe Selatan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar menerima peserta studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin, (28 Agustus 2023) di ruang Sipakatau Kantor Balai Kota Makassar.

Turut mendampingi para peserta PKA Angkatan XI yaitu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Syahruddin Nurdin yang di dampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Konawe Selatan.

Rombongan peserta study lapangan yang jumlahnya 50 orang itu diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum Dan Politik Kota Makassar, A. Irwan Bangsawan, didampingi Kepala Bidang Diklat dan Pengembangan Kompetensi BKPSDMD Kota Makassar Vivi Andriani Amri.

Kepala Bidang Diklat dan Pengembangan Kompetensi BKPSDMD Makassar, Vivi Andriani Amri mengatakan bahwa “Para peserta akan melaksanakan studi lapangan di 4 (empat) lokasi yakni Kecamatan Makassar, Dinas Pariwisata, Puskesmas Makkasau dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar,” Ujar Vivi Andriani Amri.

Ia menambahkan, bahwa berdasarkan Permenpan RB No.28 Tahun 2021 tentang Implementasi Cores Values (Nilai Dasar) Aparatur Sipil Negara, disebutkan bahwa dalam rangka penguatan budaya kerja sebagai salah satu strategi transportasi pengelolaan ASN menuju pemerintah berkelas dunia (World Class Government) dengan ASN berakhlak.

“Kegiatan ini memfasilitasi Peserta mengaktualisasikan kepemimpinan manajemen kinerja untuk mendukung pelaksanaan tugas memimpin kegiatan pelayanan publik. Kegiatan ini dimulai dengan pembekalan tahapan pembelajaran studi lapangan Kinerja Organisasi, ceramah studi lapangan Kinerja Organisasi, kunjungan lapangan Kinerja Organisasi, dan perumusan keunggulan manajemen kinerja pelayanan publik sesuai lokus, dan berbagi pengalaman hasil studi lapangan Kinerja Organisasi. Keberhasilan Peserta dinilai dari kemampuan Peserta dalam merumuskan lesson learnt, adopsi dan adaptasi, serta keunggulan strategi peningkatan kualitas kinerja organisasi. Setelah mengikuti Studi Lapangan ini, Peserta mendapatkan lesson learnt, mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja organisasi pelayanan publik sesuai lokus,” jelasnya.

Studi lapangan menjadi kegiatan yang cukup strategis dalam pelatihan kepemimpinan, melalui kegiatan studi lapangan peserta dapat melihat, mengamati dan merasakan langsung kondisi yang terjadi di lapangan. Sehingga, pada akhir pembelajaran studi lapangan kinerja organisasi, peserta mendapatkan lesson learnt, mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja organisasi pelayanan publik sesuai focus dan lokus. secara umum, pembelajaran studi lapangan kinerja organisasi, dimulai dengan pembekalan tahapan pembelajaran studi lapangan kinerja organisasi, ceramah studi lapangan kinerja organisasi, kunjungan lapangan kinerja organisasi, dan perumusan keunggulan manajemen kinerja organisasi pelayanan publik sesuai lokus, dan berbagi pengalaman hasil studi lapangan kinerja organisasi,” pungkasnya.