Uji Kemampuan dan Potensi ASN, BKPSDMD Makassar Gelar Asesmen Pemetaan Kompetensi

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Makassar melaksanakan Assesstment pemetaan Kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Makassar di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, mulai dari Senin, tanggal 7 Agustus sampai dengan 16 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan BKPSDMD Kota Makassar Bekerjasama dengan Pusat Layanan Psikologi Universitas Hasanuddin Makassar mulai yang terdiri dari Tes Tertulis, Simulasi, dan Wawancara.

Jumlah ASN yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 155 (seratus lima puluh lima) orang yang terdiri dari Jabatan struktural, Jabatan Fungsional dan Jabatan Fungsional tertentu dari beberapa SKPD Pemerintah Kota Makassar.

Kegiatan ini di buka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Makassar, Drs. Andi Muhammad Yasir dan di dampingi oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Makassar, Akhmad Namsum.

Kepala BKPSDMD Kota Makassar, Akhmad Namsum berharap dengan asesmen terhadap ASN akan dapat diketahui bagaimana kemampuan, potensi (sesuatu terkait cara bekerja yang berada dalam diri), dan kompetensi (pengetahuan dan keterampilan) ASN tersebut dalam bekerja. Sehingga nantinya, setiap ASN harus menjawab tantangan, mampukah memberikan pelayanan kepada stakeholder yang membutuhkan layanan dengan lebih baik serta dapat memuaskan masayarakat secara umum.

“Hasil dari asesmen ini juga diharapkan dapat menjadi dasar, baik bagi SDM pelaku maupun organisasi pengguna guna melakukan langkah-langkah selanjutnya. Baik itu langkah dari dalam ASN untuk memenuhi pengembangan kompetensinya, dan juga langkah organisasi dalam membina dan membimbing serta memberi kesempatan berkembang kepada ASN di bawah naungannya. Hasil nya tersebut akan diinput melalui simpeg (sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) Kota Makassar agar dapat diketahui oleh masing-masing ASN melalui akunnya masing-masing,” ujar Ahmad Namsum disela – sela kegiatan.

“Asesmen atau uji kompetensi ini adalah langkah awal dari rencana penerapan manajemen talenta. kebijakan manajemen talenta dapat menjadi instrumen efektif dalam memilah dan memilih calon pemimpin diberbagai tingkatan jabatan mulai dari jabatan pelaksana, jabatan fungsional hingga jabatan pimpinan tinggi. Manajemen talenta adalah pengelolaan sumber dayamanusia yang dilakukan dengan analisis, pengembanganserta pemanfaatan talenta berkelanjutan dan efektif kita mencita – citakan asn Kota Makassar tidak hanya berdaya saing, unggul dan andal tapi juga cerdas, lincah dan memiliki empati, talenta talenta terbaik ini juga harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu,” pungkasnya.