Cegah Bahaya Narkoba, Badan Kesbangpol Makassar dan BNN Deklarasi Sekolah Bersinar

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar- Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik( Kesbangpol ) Kota Makassar bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan terus intens menggelar edukasi terkait pencegahan bahaya Narkoba. Hal ini terlihat, saat Badan Kesbangpol dan BNN menyasar  sekolah menengah pertama (SMP) 29 Makassar  untuk dijadikan sekolah percontohan sebagai sekolah bersinar ( Bersih dari Narkoba) Jumat(8/9/2023).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar, Zainal Ibrahim saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah dalam upaya menanggulangi masalah narkoba, termasuk untuk para remaja edukasi ini akan memberikan pemahaman kepada anak kita  tentang  bahaya narkoba.

“Kegiatan ini sebenarnya bagian dari program Kesbangpol Makassar dengan BNN  Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal pencegahan narkoba di sekolah.  Tahun ini, kita mencoba  membuat 15 sekolah  bersih dari narkoba ( BERSINAR ) dari seluruh SMP yang ada di Makassar dan tahun depan ini diharapkan seluruhnya  tidak ada lagi percontohan seluruhnya menjadi sekolah bersinar, kegiatan ini sudah berjalan dua bulan,” ujar Zainal Ibrahim.

“Kemudian, Insyaa Allah tanggal 19 september kita adakan deklarasi besar sekolah bersinar  dan tempatnya lagi ditentukan dimana dan masih koordinasi dengan dinas pendidikan. Harapan kami, dengan pelaksanaan kegiatan ini paling tidak, memberikan pemahaman kepada anak kita  tentang  bahaya narkoba serta pengetahuan awal bahwa tentang bahaya narkoba itu mereka sudah tahu. Selanjutnya, ini kita buat lebih sistematis atas bantuan dari BNN Sulsel, banyak hal yang bisa kita lakukan termasuk mensinkronkan dengan program sekolah – sekolah bisa melalui perlombaan puisi anti narkoba, literasi anti narkoba dan dikaitkan dengan program anti narkoba,”jelasnya.

Kepala Badan Kesbangpol Makassar,Zainal Ibrahim, didampingi perwakilan BNN Sulsel, serta Kepala Sekola SMPN 29, Abdul Latif saat Deklarasi Sekolah Bersinar

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 29, Abdul Latif mengapresiasi  Badan Kesbangpol Makassar serta pihak BNN Sulsel pasalnya memberikan  perhatian penuh kepada anak sekolah agar bisa terhindar dari bahaya narkoba.

“Luar biasa bentuk sinergitas yang ditunjukkan Badan Kesbangpol Makassar dan BNN Sulsel dengan menjadikan sekolah sebagai tempat edukasi pencegahan bahaya narkoba.Tentunya, kegiatan ini kami dukung penuh apalagi SMPN 29  ditunjuk sebagai sekolah bersih Narkoba (Bersinar). Sebelum kegiatan ini, tanggal 17 lalu, kami juga dari pihak sekolah biasa mengadakan lomba puisi jauhi narkoba, lomba pembuatan poster dan berbagai lomba lainnya,” ungkap Abdul Latif.

Sementara, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Seksi Pencegahan Bidang P2M, Puteri mengungkapkan bahwa, dengan ditetapkannya SMPN 29 sebagai sekolah bersih Narkoba maka semua pihak di lingkungan sekolah (Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Siswa hingga Komite) itu harus bersatupadu mencegah bahaya narkoba.

“Jadi SMPN 29 ini masuk 15 besar  di SK Dinas Pendidikan sebagai sekolah bersih Narkoba. Dengan ditetapkannya sebagai sekolah bersinar maka,mulai dari guru,siswa, relawan harus kompak  menyampaikan akan bahaya narkoba ini,”tutupnya.