Jadi Narsum Sosialisasi Kewaspadaan Dini Potensi Konflik, Kaban Kesbangpol: Mari Belajar Memetakan Dinamika Sosial

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar, Zainal Ibrahim  menjadi Narasumber pada kegiatan sosialisasi kewaspadaan dini potensi konflik yang digelar oleh  Satuan Polisi Pamong Praja Kota Makassar di Hotel Karebosi Premier Lantai 6, Jl. M. Yusuf No. 1 Makassar, Kamis (7/9/2023).

Adapun tema materi yang dibawakan oleh orang nomor satu di Kesbangpol Makassar ini, yakni peran pemerintah daerah dalam pencegahan dan penanganan potensi konflik di wilayah Kota Makassar.

“Konflik sosial itu salah perseteruan atau benturan fisik dengan kekerasan antara dua kelompok masyarakat atau lebih yang
berlangsung dalam waktu tertentu, yang berdampak luas yang mengakibatkan ketidaknyamanan dan disintegrasi sosial yang menghambat nasional. Jadi, untuk mencegah terjadinya konflik sosial apalagi menghadapi pilkada dan pemilu 2024 maka, kita harus selalu mengamati danĀ  belajar memetakan dinamika sosial keamanan yang cepat berubah,” ujar Zainal Ibrahim.

Para peserta terlihat antusias mengikuti materi yang dibawakan kaban Kesbangpol Makassar, Zainal Ibrahim di Sosialisasi Kewaspadaan Dini Potensi konflik

“Kemudian, selanjutnya untuk mencegah lebih dini konflik sosial, maka kita juga harus perkuat keimanan umat yang  mana program Badan Kesbangpol ini disinergikan dengan  program lorong wisata yang diharapkan mampuh membentuk karakter masyarakat yang saling menghargai” jelasnya.