Pasar Panakkukang Menjadi Lokus Penilaian Kota Sehat, Ini Komentar Dirut PD Pasar Makassar Raya

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar- Penilaian Verifikasi Kota Sehat 2023, kini memasuki tahap akhir setelah Tim penilai dari Pemerintah Pusat melakukan kunjungan di beberapa titik atau Tatanan di Kota Makassar. Dalam kunjungan tersebut, sedikitnya 12 Lokasi Fokus (Lokus) masuk Tahapan Penilaian. Yakni Tatanan Pasar, Tatanan Sekolah, Tatanan Posyandu, Tatanan UMKM, Tatanan Masjid, Tatanan Wisata, Ipal dan banyak lagi.

Dan untuk Tatanan Pasar, Pihak Perumda Pasar Makassar Menunjuk Pasar Panakkukang. Mewakili sejumlah pasar yang ada di Kota Makassar pada tahap penilaian verifikasi lapangan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) 2023.

Direktur Utama Perumda Pasar, Ichsan Abduh Hussein mengatakan, Pasar Panakkukang menjadi pilihan karena di Pasar tersebut dinilai siap menjadi bahan penilaian bagi Tim KKS 2023.

“Kami memilih Pasar Panakkukang karena dari 12 Indikator yang menjadi bahan penilaian, Pasar Panakkukang sudah siap.” Ujarnya.

Iccang sapaan akrabnya, menjelaskan indikator penilaian yang dimaksudkan adalah adanya ruang menyusui, ruang merokok, Bank Sampah, Ruang Terbuka Hijau, Keselamatan Kerja, dan Pokja.

“Alhamdulillah dari semua indikator yang menjadi bahan penilaian untuk Tatanan Pasar, kami sudah siapkan. yakni ada ruang menyusui, ada ruang merokok, RTH, Bank Sampah, Keselamatan Kerja dan sebagainya. Dan Insya Allah kedepan semua akan memenuhi standar SNI. Sebagai contoh pada revitalisasi Pasar Sawah dan Pasar Cendrawasih.” Terangnya.

Sebagaimana diketahui, Tim Verifikasi ini disambut oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh. Anshar, di Rujab Wali Kota Makassar yang diketua oleh Dirjen Pembangunan Daerah, Kemendagri, Hadrian Marta, yang mendapat Gelar Daeng Gassing.

Muh. Anshar menyampaikan ungkapan terimakasihnya atas kehadiran tim verifikasi lapangan KKS 2023. Pihaknya sangat semangat karena kabupaten atau kota sehat sejalan dengan visi misi Pemerintah Kota Makassar.

“Kita merasa terhormat karena terpilih menjadi salah satu kota yang masuk tahapan verifikasi lapangan kota sehat. Semoga menjadi awal yang baik dan kami bersemangat menemani tim penilai ini,” ucap Anshar.

Harapannya, semua berjalan dengan baik dengan dukungan semua masyarakat dan stakeholder. Agar membawa kota Makassar menjadi juara umum nantinya.