BKPSDMD Makassar Gelar Kegiatan Capacity Building Bagi Aparatur Sipil Negara

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Makassar menyelenggarakan kegiatan Capacity Building Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, 1 Oktober 2023 s.d 3 Oktober 2023 bertempat di Hotel Same Bira. Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan ini adalah seluruh Kepala Sekretaris SKPD, Kepala Sub Bagian Keuangan, dan Kepala Sub Bagian Perencanaan masing-masing SKPD, dengan jumlah peserta 130 (seratus tiga puluh) peserta.

Kegiatan ini di buka oleh Asisten bidang Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Makassar, H. Muhammad Mario didampingi Kepala BKPSDMD Kota Makassar, Akhmad Namsum dan kegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Fajar.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas seluruh peserta dan meningkatkan dan untuk menjaga keharmonisan seluruh peserta. Dalam rangkaian kegiatan ini juga terdapat beberapa materi yang akan disampaikan oleh beberapa Narasumber diantaranya, Membangun komunikasi efektif dan Team Building yang solid, sosialisasi antikorupsi untuk menghindari tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan tugas, dan Core value ASN Berakhlak. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan penyegaran semangat bagi seluruh peserta dalam melaksanakan tugas-tugas nya sebagai pelayan masyarakat.

Agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi, pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus berjalan dengan baik. Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi, dan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan. Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.