Mengingat Pentingnya Hubungan Komunikasi Dengan Anak, DPPKB Kota Makassar Gelar Orientasi

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makasaar- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak,

Plt Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Makassar, Syahruddin secara resmi membuka kegiatan orientasi modul “1001 Cara Berbicara Orang Tua pada Anak.”

Acara ini berlangsung di Hotel Best Western Plus Makassar.Pada Senin, 27 November 2023, Orientasi ini dihadiri oleh peserta dari tiga kecamatan di Kota Makassar, yaitu Mamajang, Makassar, dan Bontoala. Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi:

1. Prinsip Komunikasi, mencakup komunikasi verbal & nonverbal, pertukaran pesan atau ide, serta tujuan komunikasi yang bertujuan untuk mencapai solusi.
2. Tantangan Komunikasi pada Remaja, yang mencakup sikap atau perilaku yang sering dikeluhkan, seperti remaja yang bersikap tertutup atau memberontak/melanggar/menolak aturan.
3. Tujuan Komunikasi, yang meliputi membangun hubungan, menumbuhkan rasa percaya, memberikan bantuan/layanan, pertukaran informasi, memberikan bimbingan, serta menyelesaikan konflik dengan mencari solusi.

Materi-materi tersebut diarahkan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya cara berkomunikasi yang efektif dengan anak-anak mereka, terutama dalam menghadapi tantangan yang sering terjadi pada remaja.

Dengan berbagai tips, teknik, dan penyelesaian masalah yang disampaikan, diharapkan para orang tua dapat lebih memahami dan mendekati anak-anak mereka dengan komunikasi yang lebih baik serta dapat membantu dalam mengatasi konflik yang mungkin timbul.

Orientasi ini menjadi salah satu upaya DPPKB Kota Makassar dalam memberikan pemahaman dan keterampilan kepada orang tua dalam berinteraksi dengan anak-anak mereka, sekaligus memperkuat hubungan yang sehat dan membangun lingkungan keluarga yang harmonis dan mendukung perkembangan anak-anak dengan baik.