Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh di Saat Musim Hujan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Cuaca saat ini sedang tidak menentu. Hujan bisa turun sepanjang hari, kadang panas terik dari pagi hingga sore. Saat cuaca tak menentu, daya tahan tubuh akan lebih mudah terganggu atau menurun. Dan ketika daya tahan tubuh menurun, tentunya hal ini akan mempermudah tubuh terserang berbagai penyakit. 

Oleh karena itu, diperlukan mempersiapkan tubuh untuk menghadapi cuaca dingin dengan menyediakan payung dan jaket. Tidak hanya itu, diperlukan juga menjaga asupan makanan agar tubuh tetap sehat dan hangat. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh ketika musim hujan.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa makanan dan minuman saat hujan yang bisa menghangatkan tubuh Anda.

  1. Wedang Ronde

Seporsi wedang ronde bisa menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Jahe yang ada di dalamnya juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat cuaca ekstrem melanda. Selain itu, mengkonsumsi wedang ronde ternyata juga bisa mencegah risiko terjadinya serangan jantung.

  1. Sup

Kuah kaldu yang dicampur dengan rempah ampuh meningkatkan suhu tubuh saat hujan. Sup bisa dinikmati sendiri atau disantap bersama nasi.

Agar lebih sehat, dapat memperbanyak isian berupa sayuran, seperti wortel, buncis, sawi atau brokoli.

  1. Bubur Kacang Ijo

Bubur kacang hijau merupakan makanan yang berasal dari kacang hijau dan dimasak dengan cara direbus lalu dipadukan dengan kuah manis.

Bubur kacang hijau bisa menjadi pilihan makanan saat hujan karena perpaduan dari manis dan hangat kuahnya bisa membantu meningkatkan suhu badan.

  1. Soto

Soto juga biasa dimasak dengan menambahkan kunyit dan jahe. Perlu di ketahui jika jahe bermanfaat untuk menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas keringat. Selain itu, Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya mampu membantu mengatasi berbagai penyakit seperti pilek, demam, dan hidung tersumbat.

  1. Sup Labu

Sup labu juga cocok dikonsumsi ketika musim hujan, Makanan yang dikenal sebagai pumpkin soup  ini banyak mengandung vitamin A dan antioksidan seperti lutein dan karoten sehingga dapat menghangatkan tubuh. Sup labu juga mengandung serat yang tinggi yang bisa membuat Anda merasa kenyang setelah memakannya. (Dkt)