Tubuh Mudah Sakit Saat Musim Hujan, Inilah Tips Menjaga Kesehatan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan angin kencang. Masalah kesehatan pun dapat menurun seiring dimulainya musim hujan yang terjadi karena perubahan suhu dan kelembapan udara.

Flu, demam, sakit kepala, demam berdarah serta masalah pernapasan sering kali muncul saat musim hujan tiba. Oleh karna itu, dibutuhkan langkah – langkah pencegahan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan di saat musim hujan :

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti buah dan sayur. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dapat meningkatkan imunitas tubuh.

2. Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri dapat mencegah dari kuman dan bakteri dan tidak mudah terserang penyakit,  dengan cara membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah batuk, bersin.

3. Minum Air Putih Yang Cukup

Air putih dapat membantu membuang zat yang tidak diperlukan tubuh seperti racun dalam tubuh. Air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi seseorang yang sedang mengalami flu.

4. Kenakan Pakaian yang Sesuai

Kenakan pakaian yang melindungi Anda dari dingin dan lembab.
Gunakan mantel atau payung untuk melindungi diri dari hujan saat beraktivitas di luar ruangan.

Dengan mengikuti tips menjaga kesehatan sekiranya dapat membantu dalam pencegahan penyakit yang sering terjadi saat musim hujan.( RNI )