Hindari Kecanduan Gadget Berlebihan, Inilah Dampaknya!

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Sekarang ini, kemajuan teknologi yang sangat berkembang ditambah dengan budaya konsumerisme pada masyarakat menghasilkan gabungan hal yang baru yakni penggunaan barang-barang elektronik pada manusia untuk menunjang setiap aktivitasnya.

Dan yang utama yaitu penggunaan Gadget. Gadget memiliki layanan internet sehingga selalu berada dalam genggaman, Gadget dapat memberi kemudahan bagi banyak orang untuk dapat mengakses informasi bahkan hiburan. Meski demikian, penggunaan yang tidak tepat atau berlebihan dapat membawa penggunanya pada ketergantungan atau kecanduan.

Dilansir oleh gramedia.com, Berikut ini efek negatif pada kesehatan apabila kecanduan gadget yang berlebihan, yaitu :

  1. Masalah Penglihatan

Efek negatif dari penggunaan smartphone yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah pada mata dan penglihatan Anda. Menurut penelitian, efek radiasi yang dihasilkan perangkat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan. Radiasi gadget berisiko tinggi mengganggu perkembangan otak dan sistem imun.

  1. Gangguan pola tidur

Efek buruk dari penggunaan perangkat di malam hari dapat mengganggu jam biologis Anda, terutama jika Anda sudah sibuk bermain game atau menonton film. Hal ini dapat membuatmu terjaga di malam hari. Akibatnya, ritme tidur  terganggu dan Anda kehilangan waktu istirahat yang cukup.

3.Sakit kepala

Selain fakta bahwa cahaya dari smartphone mempengaruhi kesehatan mata,  juga dapat menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini bisa bertambah buruk jika otak Anda kelebihan beban dengan bermain game sambil terus berpindah aplikasi.

  1. Masalah Mental

Selain memberi dampak pada kesehatan fisik, kecanduan gadget juga bisa mengganggu kesehatan mental. Kecanduan gadget memicu efek samping berbahaya seperti meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, kepribadian bipolar, psikosis, dan perilaku bermasalah lainnya. 

5.Postur Tubuh Jadi Bungkuk

Anak yang kecanduan gadget tanpa sadar sering menundukkan leher untuk melihat gadget-nya. Ketika leher condong ke depan dan menunduk saat asyik bermain gadget, beban leher dan tulang belakang jadi bertambah besar karena harus menopang beban kepala, sehingga bisa menyebabkan leher dan punggungmu terasa nyeri. Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan berdampak pada postur tubuhmu yang jadi bungkuk. (Yks/hd)