Tips Menghindari Kemacetan Lalu Lintas saat Jam Pulang Kerja

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Kemacetan lalu lintas merupakan suatu keadaan ketika mobilitas kendaraan di jalan raya mulai berhenti. Keadaan seperti ini merupakan akibat dari jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan raya. Kemacetan di saat jam pulang kerja mungkin bukan merupakan hal yang aneh lagi.

Dilansir oleh topkarir.com, Berikut ini beberapa tips menghindari Kemacetan :

  1. Pulang lebih cepat

Agar tidak terjebak macet, cobalah pulang kerja lebih awal di saat kondisi lalu lintas masih relatif sepi. Pulang kerja lebih awal membuat kamu tidak tergesa-gesa dan kemungkinan sampai ke tempat tujuan pun lebih cepat. 

  1. Kenali “Jam Macet”

Cara cukup ampuh untuk tak terkena macet adalah mengenali jam macet saat pulang kerja. Untuk dapat mengetahui “jam macet” sendiri memang tak ada cara bakunya. Bisa dengan mengingat-ingat kondisi lalulintas dan kemacetan ketika melintasi jalan tersebut secara berulang-ulang.

  1. Miliki Rute Alternatif

Memiliki rute alternatif tentu jadi salah satu cara jitu menghindari macet jam pulang kerja. Cara memiliki rute alternatif bisa Anda dapatkan dengan melihat dan mengikuti aplikasi peta digital ataupun dengan pengalaman melintasinya secara langsung.

  1. Gunakan kendaraan roda dua

Memiliki kendaraan roda dua dapat membantu kamu untuk menghemat waktu di jalan ketika lalu lintas padat terjadi. Bentuk langsing motor yang bisa menyelip-nyelip disela-sela kendaraan roda empat bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kemacetan.

  1. Manfaatkan Aplikasi di Smartphone

Manfaatkan aplikasi maps yang ada di smartphone kamu untuk mencari rute lain. Bagi kamu yang tidak terlalu mengetahui jalan pintas untuk berangkat ke tempat kerja maka maps di smartphone akan sangat membantu. (LPT)