Menjaga Kesehatan selama Bulan Ramadan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Bagi umat muslim, bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Dalam waktu sebulan penuh, umat muslim diharuskan berpuasa untuk beribadah dan mengingat kembali pentingnya menahan amarah, berbagi, memahami penderitaan orang yang kelaparan dan masih banyak lagi pelajaran penting lainnya.

Di sisi lain, orang yang berpuasa lebih rentan mengalami dehidrasi karena tidak mendapatkan cairan dalam waktu lama. Dehidrasi selama menjalankan puasa bisa mengakibatkan sakit kepala yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dilansir oleh prundential.co.id, Berikut tips untuk menjaga kesehatan selama bulan ramadhan :

  1. Konsumsi Cairan yang Cukup

Sama seperti makanan, air juga diperlukan supaya tubuh tidak dehidrasi. Jagalah kadar hidrasi dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi air putih, jus buah, dan sayuran yang mengandung air.

  1. Pilih Jenis Makanan yang Tepat

Penting sekali untuk memilih jenis makanan yang tepat untuk sahur dan buka puasa. Hindari langsung mengonsumsi makanan yang berlemak dan berat ketika buka puasa karena bisa mengganggu sistem pencernaan. Sebaliknya, Anda bisa mulai dari menyantap makanan ringan, kemudian beralih ke makanan yang lebih berat. Pilihlah makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein ketika sahur, karena bisa mengurangi rasa lapar yang bisa membuat ingin mengonsumsi lebih banyak makanan.

  1. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Jangan lupakan sayuran dan buah-buahan dalam menu sahur maupun buka puasa Anda. Sayuran dan buah-buahan mengandung kadar nutrisi dan serat yang bisa menjaga kadar gula dalam tubuh. Buah-buahan dan sayuran juga bisa menjaga tubuh agar tetap bugar dan stamina tetap terpenuhi selama beraktivitas pada masa puasa.

  1. Menjaga pola tidur

Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur larut malam. Setelah menjalankan ibadah malam hari dan melakukan aktivitas yang penting, disarankan memaksimalkan waktu tidur agar tidak mengantuk di siang hari. 

  1. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, bahkan selama bulan puasa. Lakukan aktivitas fisik ringan selama 30 menit. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan stamina/daya tahan tubuh, rasa percaya diri, daya ingat, mengurangi stres dan memperlancar peredaran darah. (Hls)