Bus Listrik Sekolah Mulai Beroperasi, Dishub Tetapkan 6 Rute Khusus Anak Sekolah

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Dinas Perhubungan Kota Makassar telah menyiapkan 3 (tiga) unit Bus Listrik Sekolah Gratis. Dua Bus Listrik ini menjadi pengganti 2 unit Bus Dishub yang sudah tidak layak digunakan.

Dishub Kota Makassar telah melakukan kajian 3 lintasan bus listrik sekolah dan kajian 5 (lima) bus sekolah eksisting, sehingga total lintasan menjadi 8 (delapan) lintasan bus sekolah. Mengingat 2 (bus) lama sudah tidak layak, maka 6 (enam) Lintasan baru dioperasionalkan. Tiga lintasan Bus sekolah konvensional dan tiga lintasan Listrik Sekolah. sejak dioperasionalkan tanggal 1 Juni 2024. Jumlah penumpang bus listrik menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan menunjukkan penerimaan siswa yang sangat baik.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Makassar, Jusman saat ditemui di Ruang Komisi C DPRD Kota Makassar, Kamis (20/6/2024).

“Bus Listrik sudah mulai beroperasi dari tanggal 1 Juni 2024. Berdasarkan beberapa pertimbangan termasuk dimensi jalan, kemacetan, tumpang tindih pete-pete ,jarak tempuh, waktu tempuh, hambatan samping, jarak terdekat dari halte sekolah, pendekatan zona bisnis, keamanan mobil saat berputar/radius putaran mobil, dan pertimbangan/kebijakan pimpinan, maka kami menetapkan 6 rute operasional perjalanan Bus Sekolah gratis tahun ini,” Ungkapnya.

Jusman juga menjelaskan 6 rute sementara itu yaitu, Antang-Karebosi, Panakukkang-Karebosi, Malengkeri-Cakalang, Terminal Daya-Karebosi, Terminal Daya-Untia, dan Malengkeri-Karebosi.

“Bus listrik sekolah ini memiliki kapasitas sebanyak 29 bangku per unit dan memiliki fasilitas CCTV dan Internet di dalamnya. Untuk jam penjemputan dimulai pukul 06.00-07.15 WITA dan pengantaran dimulai pukul 14.00-15.45 WITA,” Tutupnya. ( RNI/ JU)