Damkarmat Makassar Sajikan Atraksi Edukasi dan Hiburan Menarik di F8 2024

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Makassar beri berbagai hiburan, atraksi dan edukasi kepada pengunjung Makassar International Eight Festival & Forum (F8), yang berada di batas zona 3 dan zona 4 F8.

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung, Damkarmat memberikan atraksi edukatif mengenai penanganan gas bocor. Dalam demo tersebut, para petugas Damkarmat menunjukkan langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi kebocoran gas di rumah tangga.

“Atraksi ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga pengetahuan praktis yang sangat berguna bagi masyarakat untuk menghadapi situasi darurat,” jelas Kepala Damkarmat, Hasanuddin pada Sabtu, (27/7/2024).

Damkarmat juga memberikan kesempatan berswafoto dengan sejumlah hewan reptil hasil evakuasi Damkarmat, seperti buaya, ular, dan iguana. Hewan-hewan ini dipamerkan sebagai bagian dari edukasi tentang penyelamatan satwa.

Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa merasakan pengalaman menjadi petugas pemadam kebakaran dengan mengenakan seragam mini yang disediakan. Mereka berfoto dengan latar belakang armada damkar.

Selain itu, Damkarmat Makassar juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat langsung armada rescue dan peralatan taktikal pemadaman serta penyelamatan yang dipamerkan.

Hasanuddin, menyatakan keikutsertaan Damkarmat dalam F8 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penanggulangan bencana.

Untuk itu pada kesempatan ini, Damkarmat juga mengadakan berbagai edukasi, termasuk memberikan selebaran yang berisi informasi mengenai bahaya kebakaran dan cara penanggulangan awal.

“Para petugas Damkarmat juga memberikan edukasi mengenai tugas dan fungsi mereka, termasuk demonstrasi cara menggunakan alat pemadam kebakaran,” jelas Hasanuddin.

Selain itu, Hasanuddin mengatakan menempatkan sejumlah alat pemadam kebakaran dan personil penjagaan di sejumlah titik di F8.

“Hal ini sebagai upaya penanggulangan dan penyelamatan yang cepat jika terjadi kebakaran,” jelasnya.

Hasanuddin berharap dengan kehadiran Damkarmat Makassar di F8 tidak hanya menambah hiburan, tetapi juga memperkaya wawasan masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran.