Diskop dan UKM Kota Makassar Hadirkan Aplikasi SIDATU MICIKO pada Pameran Implementasi Aksi Perubahan 2024

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar menghadirkan Booth SIDATU MICIKO dalam Seminar dan Pameran Implementasi Aksi Perubahan 2024 yang di gelar oleh PUSLATBANG KMP LAN RI MAKASSAR.

Aplikasi Big Data Center UMKM dan Koperasi bernama SIDATU MICIKO (Sistem Informasi Data Usaha Micro Kecil, Menengah dan Koperasi). Dengan adanya aplikasi ini dan tersajinya data yang akurat dan terintegrasi, maka diharapkan akan berdampak pada pemerataan kebijakan dan penerimaan bantuan yang tepat sasaran bagi pelaku UMKM dan Koperasi di Kota Makassar dan menyelesaikan banyak masalah terkait pengelolaan data yang rumit, menjadi lebih mudah untuk diidentifikasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Muh. Sukma saat ditemui di Booth SIDATU MICIKO bertempat di PUSLATBANG KMP LAN, Senin (15/7/2024).

“Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar menyusun aksi perubahan yaitu SIDATU MICIKO (Sistem Informasi Data Usaha Micro Kecil, Menengah dan Koperasi). Mudah-mudahan dengan adanya sistem ini dapat menjadi rujukan bagi kami terkait bagaimana cara membina, mengawasi dan memberdayakan seluruh UMKM dan Koperasi yang ada di Kota Makassar,” Ungkapnya

Muh. Sukma juga menambahkan bahwa Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar akan mencoba mengintegrasikan dengan data-data yang ada di kementerian.

“Ini juga nantinya dari data SIDATU MICIKO ini, bisa dijadikan sebagai bahan untuk melakukan verifikasi misalnya pihak perbankan, atau lembaga pembiayaan lainnya ingin memberikan perbantuan permodalan bagi UMKM. Dari data ini juga kami sudah bisa melihat Legalitas Usaha yang dimiliki UMKM itu sudah sampai dimana itu sudah bisa kita cek di aplikasi SIDATU MICIKO ini,” Tutupnya ( RNI )